FOOD STORY: Kenalan dengan Robert Baker, Pencipta Chicken Nugget Pertama di Dunia

FOOD STORY: Kenalan dengan Robert Baker, Pencipta Chicken Nugget Pertama di Dunia

Ilustrasi chicken nugget (Foto: Youtube)

KETIKA menyantap chicken nugget yang lezat dan gurih, pernahkah terbesit dalam pikiran siapakah yang pertama kali membuat chicken nugget di dunia?

Sosok di balik pembuat chicken nugget pertama kali di dunia, bukanlah para chef di restoran cepat saji terkenal seperti McDonalds loh. Sosok yang membuat chicken nugget pertama kali dunia, sebagaimana disitat Culinarylore, Selasa (18/7/2017) ialah Robert Baker.

Diketahui, Robert Baker adalah bukan seorang chef profesional namun merupakan food scientist atau peneliti makanan. Robert awalnya membuat chicken nugget, pertama kali pada 1950 hanya dengan pemikiran bagaimana caranya untuk memanfaatkan sisa daging ayam yang ia tinggalkan tanpa berniat untuk menciptakan suatu jenis makanan yang baru. Hingga akhirnya, pada 1950 resep cara membuat chicken nugget diungkap kepada publik oleh Robert Baker.

Disebutkan lebih lanjut, Robert adalah professor peneliti makanan terkenal dari universitas ternama dunia, Cornell University yang memang terdepan soal penelitian makanan. Namun, sayangnya nama Robert tidak menggaung maksimal sebagai pembuat chicken nugget pertama kali di dunia, alih-alih nama restoran cepat saji seperti McDonalds lah yang lebih dikenal publik luas sebagai pioneer chicken nugget.

Padahal, nyatanya pada awalnya McDonalds tidak diproduksi langsung oleh McDonalds sebagai salah satu menu resmi dalam laboratorium makanan McDonalds karena McDonalds bekerja sama dengan perusahaan ayam raksasa Tyson Foods, untuk membuat chicken nugget ala restoran cepat saji tersebut pada 1979.

(dno)

Baca Juga

Fenomena <i>Naive Subject</i> Picu Konsumsi Gula, Garam dan Lemak Berlebih

Fenomena Naive Subject Picu Konsumsi Gula, Garam dan Lemak Berlebih