Penasaran Ingin Liburan ke Antartika, Bisa Kok!!, Asalkan...

Penasaran Ingin Liburan ke Antartika, Bisa Kok!!, Asalkan...

Liburan ke Antartika (Foto: Ist)

ANTARTIKA memang jadi destinasi wisata yang sangat unik untuk dikunjungi. Dua hal yang telah memikat wisatawan ialah suhu dan panoramanya.

Banyaknya minat kunjungan ke Antartika dibuktikan dengan adanya 63 kapal pesiar yang terdaftar menyambangi Antartika pada Juli 2017 ini. Beberapa kapal yang mengarungi dinginnya laut Antartika ialah Hurtigruten, Holland America Line, Seabourn, Silversea dan Celebrity Cruises, yang diantaranya mampu mengangkut sekira 38.500 wisatawan ke benua yang dijuluki Benua Putih tersebut.

John Durban, seorang peneliti dari the US National Oceanic and Atmospheric Administration, mengatakan manfaat membawa masyarkat ke lingkungan Antartika tidak boleh diremehkan. Pasalnya, liburan ke kutub dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan perubahan iklim dan dana yang didapat dari para wisatawan dapat menambah pemasukan untuk biaya ekspedisi ilmiah.

Namun, kegiatan pariwisata di Antartika tidak dapat dilakukan secara sembarang. Peningkatan pariwisata di Antartika adalah hal yang perlu diperhatikan, semua kapal yang berlayar di Antartika tentu membakar bahan bakar fosil yang dapat berpengaruh pada lapisan es. Untuk itu, kegiatan wisata harus mengikuti aturan seperti yang dikatakan Durban.

"Pariwisata tidak berjalan dengan cara yang tidak diatur. Tur wisata yang terdaftar terbatas dan tidak boleh lebih dari 500 penumpang dalam kapal,serta hanya diperbolehkan berlabuh pada satu waktu, mereka juga wajib bertanggung jawab dengan serius," ujar Durban seperti yang dilansir dari CNN, Selasa (18/7/2017).

Berdasarkan dari keterangan yang telah diberikan oleh Durban, berlibur ke Antartika masih mungkin dilakukan, namun para wisatawan harus menaati aturan-aturan yang telah dibuat oleh para ilmuwan dan peneliti. Sebab, masih ada sejumlah ancaman yang dapat terjadi mulai dari gangguan skala kecil dari kapal wisata hingga perubahan iklim dalam skala besar, jika para wisatawan tidak menaati aturan, besar kemungkinan gunung-gunung es lainnya akan ikut runtuh dan lingkungan Antartika jadi tercemar.

(ren)

Baca Juga

OKEZONE STORY #7: Sabar Gorky, "Efek Pendakian, Saya Ingin Fasilitas Bagi Kaum Difabel Lebih Diperhatikan dan Tidak Dipandang Hina"

OKEZONE STORY #7: Sabar Gorky, "Efek Pendakian, Saya Ingin Fasilitas Bagi Kaum Difabel Lebih Diperhatikan dan Tidak Dipandang Hina"