Keguguran & Bayi Lahir Cacat, Risiko yang Dihadapi Ibu Hamil Penderita Diabetes Gestasional

Keguguran & Bayi Lahir Cacat, Risiko yang Dihadapi Ibu Hamil Penderita Diabetes Gestasional

Ilustrasi (Foto: Diabelife)

SEMASA hamil, wanita harus mencegah terjadinya diabetes gestasional. Banyak risiko buruk yang terjadi, mulai dari keguguran hingga lahir cacat.

Dalam beberapa kasus, penyakit diabetes gestasional dialami oleh wanita dengan riwayat hipertensi juga. Yang perlu diingat, wanita dengan gula darah tinggi bisa mengalami kerusakan pada sel embrio.

Anda harus tahu risiko bila mengalami diabetes gestasional. Berikut 6 ulasannya dilansir Boldsky, Selasa (18/7/2017).

Gangguan hormon

Kadar glukosa yang tinggi dapat memengaruhi hormon. Pada wanita, sangat rentan mengalami gangguan progesteron dan estrogen. Ini sangat memengaruhi kehamilan Anda, terutama saat trimester pertama.

Keguguran

Jangan anggap remeh bila terdeteksi menderita diabetes semasa hamil. Kondisi rahim Anda sangat lemah, sehingga terjadilah keguguran yang sangat tidak diinginkan.

Merusak DNA

Pada laki-laki misalnya, menderita diabetes dapat mengganggu kesehatan sperma. Anda dapat merusak DNA yang sangat berpengaruh pada janin yang dikandung oleh sang istri.

Bayi lahir cacat

Ibu dengan diabetes juga harus waspada ketika akan melahirkan. Anda harus benar-benar menjaga calon bayi dalam perut. Jika tidak, janin dalam kandungan bisa lahir cacat atau punya penyakit bawaan.

Risiko caesar

Wanita sangat bisa dan ditakdirkan oleh Tuhan untuk melahirkan normal. Sementara pada ibu dengan penyakit diabetes gestasional bisa memiliki peluang yang kecil untuk melahirkan normal. Akibatnya, Anda bisa melahirkan bayi dengan proses bedah caesar dan berat bayi bisa besar di luar batas normal.

Berat bayi besar

Umumnya, bayi yang lahir dari ibu penderita diabetes punya berat badan besar. Bayi tersebut biasanya lahir di atas 4 kg. Jangan abaikan hal ini, karena dapat memicu banyak penyakit berbahaya seiring tumbuh kembangnya.

(hel)

Baca Juga

5 Diet Terekstrem Selebriti Dunia, Berat Badan Merosot Drastis Tapi Ditentang Ahli Gizi

5 Diet Terekstrem Selebriti Dunia, Berat Badan Merosot Drastis Tapi Ditentang Ahli Gizi