Mirip Jerawat, Ternyata Benjolan di Wajah Wanita Ini Sejenis Infeksi Kulit Serius!

Mirip Jerawat, Ternyata Benjolan di Wajah Wanita Ini Sejenis Infeksi Kulit Serius!

Salah memencet jerawat (Foto: Allure)

SARAN untuk tidak memencet jerawat memang sudah seringkali didengar. Namun, rasanya tangan selalu 'gatal' ingin menghilangkan masalah yang bisa mengganggu penampilan tersebut agar lenyap dari wajah.

Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya kebiasaan buruk tersebut diketahui dapat memperparah kondisi wajah. Misalnya, semakin memperbanyak jumlah jerawat, membuatnya berbekas semakin parah, hingga mengalami masalah infeksi kulit serius.

BACA JUGA: 

Ladies, Coba 3 Trik Ini untuk Cegah Munculnya Jerawat saat Menstruasi

Seberapa Efektif Mengobati Jerawat dengan Cuka Apel?

Ini pula yang dialami oleh seorang wanita bernama Katie Wright. Lantaran sudah tidak tahan dengan masalah jerawat yang dialami, ia memutuskan untuk memencet jerawat yang terdapat di area T dekat alis.

"Seminggu yang lalu aku memutuskan untuk memencet jerawat besar di bawah kulit karena ini menyakitkan dan rasanya terlalu 'sakit' untuk diabaikan," tulis Katie Wright di akun Twitter pribadinya.

"Dalam waktu satu jam, wajahku tiba-tiba membengkak dan rasanya sakit sekali. Seperti ada sesuatu yang keluar dari kulitku," lanjutnya.

 

Setelah diselidiki, ternyata benjolan di dahi Katie bukan lah jerawat melainkan infeksi kulit bagian dalam (selulitis). Katie dianggap beruntung bisa cepat langsung mencari pertolongan medis karena bila tidak, infeksi bisa cepat menyebar ke otak hingga menyebabkan kebutaan lantaran lokasi benjolan yang berada di area T.

"Aku pergi ke unit gawat darurat dan mereka mengatakan bahwa aku mengalami masalah selulitis serius. Karena ini terletak di area T pada wajah maka berisiko menyebar ke otak dan bisa membuat mataku buta. Sial sekali," paparnya.

Kemungkinan besar Katie mengalami infeksi serius yang berasal dari penggunaan sikat alis yang kotor. Ya, meski sering membersihkan wajah, Katie mengaku lalai membersihkan peralatan make-up termasuk mencuci sikat alis. Ia pun mengingatkan semua orang agar rajin membersihkan peralatan make-up, agar tidak mengalami masalah seperti dirinya.

BACA JUGA:

Susah Menghilangkan Noda Bekas Jerawat? Coba Gunakan Air Lemon untuk Perawatan Wajah

BEAUTY CAPTURE: Trik Hilangkan Masalah Jerawat dengan Daun Mint dan Lidah Buaya

Sementara itu, Sandra Lee, seorang dermatologi asal Los Angeles, Amerika Serikat, mengingatkan bila Anda mengalami masalah jerawat atau menyerupai benjolan apa pun, untuk tidak sembarangan memencetnya. Pasalnya hal ini berisiko menimbulkan masalah kulit yang serius.

"Jika peradangan akibat jerawat menyebar, ada potensi masalah kebutaan atau stroke. Jadi, bila jerawat menjadi besar dan menimbulkan masalah, sebaiknya Anda harus menemui dokter kulit. Sehingga bila terjadi infeksi akan lebih mudah untuk diobati," terang Sandra Lee, seperti dilansir Allure, Jumat (11/8/2017).

(dno)

Baca Juga

Semakin Cantik Jelang Pernikahan, Sontek Gaya Hijab Laudya Cynthia Bella Yuk!

Semakin Cantik Jelang Pernikahan, Sontek Gaya Hijab Laudya Cynthia Bella Yuk!