Paham akan Kuliner Indonesia dan Bermental Baja, Syarat untuk Jadi Chef Jika Ingin Berkarir di Luar Negeri

Paham akan Kuliner Indonesia dan Bermental Baja, Syarat untuk Jadi Chef Jika Ingin Berkarir di Luar Negeri

Chef (Foto: Chinaontheway)

SEIRING dengan kemajuan zaman, kini profesi chef tidak lagi dipandang sebelah mata seperti dahulu kala, di mana chef dulu seringkali hanya dianggap sebagai "tukang masak di dapur".

Namun kini, layaknya profesi lain. Chef juga telah dipandang sebagai profesi yang menjanjikan, salah satunya karena profesi sebagai seorang chef pun bisa punya jenjang karir internasional dengan membuka atau bekerja di restoran, hotel, lounge, dan tempat-tempat lainnya di luar negeri.

Namun, tentunya untuk bisa menjadi seorang chef asli Indonesia yang berkarir internasional di luar negeri. Usaha keras nan giat, pastinya harus dilakoni. Lalu sebetulnya, bagaimana sih caranya agar bisa bekerja dan sukses bertahan meniti karir sebagai chef Indonesia di luar negeri? Menjawab hal ini, maka Okezone pun bertanya langsung pada chef Agus Hermawan, sebagai chef senior asli Indonesia yang telah 20 tahun berkarir di Belanda.

 BACA JUGA:

" Menurut saya pribadi, untuk para chef muda dengan konsentrasi kuliner Indonesia yang ingin bekerja di luar negeri, pastinya yang pertama ialah harus punya pengetahuan alias paham betul karakter bumbu-bumbu rempah asli Indonesia. Dari mulai namanya, bentuknya, sampai teksturnya. Kalau sudah paham akan hal ini, sebagai seorang chef kita pasti bisa kreatif bikin masakan baru tapi dengan taste tetap Indonesia,"ujar Agus, saat ditemui Okezone baru-baru ini.

Pria yang merupakan lulusan pendidikan Akutansi ini, menambahkan lebih lanjut untuk faktor lainnya yang harus dimiliki ialah soal keinginan atau passion yang kuat soal memasak.

"Kemauan dari diri sendiri itu ya penting, apakah niatnya hanya untuk uang semata atau memang cinta dengan dunia memasak. Dengan adanya passion yang kuat dari diri sendiri soal memasak, otomatis chef itu tingkat konsentrasinya pasti lebih tinggi saat sedang membuat suatu menu. Karena masak itu pakai feeling," imbuhnya.

Sementara itu, dari sisi mental. Agus juga menyebutkan, jika ingin bekerja sebagai chef profesional di luar negeri. Maka mental pun harus kuat, sekuat baja.

BACA JUGA:

"Agar bisa survive di negara orang itu, kita punya mental harus kuat. Jadi chef di luar negeri ini profesi yang membutuhkan kerja keras. Tidak hanya fisik tapi juga batin serta waktu, karena kita hidup jauh harus meninggalkan keluarga. Jadi ya harus tahan banting, harus hardworking. Kerja dari pagi sampai malam, lalu saat sedang libur tiba-tiba dipanggil untuk bekerja. Tapi, kalau kita sudah bisa nikmatin profesi ini semua akan terasa menyenangkan. Enjoy lah," tutup Agus sembari tertawa pelan.

(dno)
Berita Rekomendasi Chef Indonesia

Baca Juga

Sebelum Tidur Adriana Lima Selalu Lahap Gandum, kalau 4 Model Victoria Secret Lainnya Ini yang Dimakan

Sebelum Tidur Adriana Lima Selalu Lahap Gandum, kalau 4 Model Victoria Secret Lainnya Ini yang Dimakan