Akhir Pekan, Berburu Oleh-Oleh Murah di Pasar Malam Old Quarter

Akhir Pekan, Berburu Oleh-Oleh Murah di Pasar Malam Old Quarter

Pasar Malam Old Quarter, Vietnam (foto: Dada Sathilla/Okezone)

LIBURAN belum lengkap tanpa sesi belanja baik untuk diri sendiri maupun sebagai oleh-oleh. Apalagi bila mesti membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak kita mesti pandai memilih tempat belanja.

Satu tempat yang pas untuk berburu oleh-oleh murah di kota Hanoi, Vietnam yaitu di pasar malam akhir pekan Old Quarter. Terkenal sebagai surganya para backpacker, sebenarnya harga barang-barang di Hanoi lebih mahal bila dibandingkan di kota-kota lain di Vietnam.

(Baca Juga: Jalan-Jalan ke Makam Kaisar Vietnam Sama Sekali Tidak Membosankan Lho!)

Diperlukan seni menawar bila hendak membeli suvenir dan oleh-oleh di toko - toko sekitar danau Hoan Kiem dan Old Quarter. Sebagai contoh 1 buah lampion biasanya harganya 100.000 dong di Old Quarter. Bila ditawar harga bisa turun hingga 50.000- 70.000 dong atau Rp30.000 sampai Rp41.000.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Di kota Hoi An, 1 buah lampion ukuran besar harganya hanya 30.000 dong atau Rp18.000. Satu cara mudah untuk menghindari harga lebih tinggi adalah dengan berbelanja di pasar malam akhir pekan di Old Quarter.

(Baca Juga: Imperial City Hue, Kembarannya Forbidden City di Beijing)

Saat weekend, area sekitar danau Hoan Kiem ditutup untuk kendaraan bermotor. Dari jalan Hang Dao hingga ujung pasar Dong Xuan, area ini berubah menjadi pasar malam dadakan yang menjual beraneka ragam barang. Anda bisa menemukan pakaian impor, sepatu, sandal, asesoris, suvenir, makanan, cemilan hingga elektronik.

Harga yang ditawarkan di pasar malam Old Quarter tergolong sangat murah. Saya pernah membeli atasan seharga 100.000 dong atau Rp50.000 saja.

Kacamata trendi bahkan harganya lebih murah lagi yaitu cuma 50.000 dong atau Rp25.000 saja. Tentunya ini bukan harga yang ditawarkan pedagang dari awal. Tapi dengan sedikit usaha menawar saya bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Bila ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga atau teman kantor disini anda bisa menemukan gantungan kunci, kopi Vietnam, tas kain, kaos, hiasan, peralatan makan hingga lampion.

(Baca Juga: St Joseph Cathedral, Ikon Hanoi yang Dibangun dari Reruntuhan Kuil)

Para pedagang biasanya mengerti bahasa inggris dasar yang biasa dipakai untuk urusan jual beli. Namun bila mereka masih kurang paham sebaiknya menggunakan bantuan kalkulator Untuk tawar menawar.

Selain sebagai pusat barang murah dan oleh-oleh, pasar malam ini tampaknya juga menjadi surganya pecinta barang kw. sepatu olahraga bermerek internasional, pakaian olahraga, asesoris merek ritel terkenal hingga asesoris hape bertebaran. Banyak juga turis asing yang tertarik berbelanja barang kw ini.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Pecinta kuliner juga akan puas mengunjungi pasar malam ini. Street food vietnam, tiongkok dan korea bisa dengan mudah ditemukan. Selain itu setiap hari sabtu dan minggu malam digelar pertunjukan musik di sekitar pasar malam.

(Baca Juga: Menjelajah Kota Kuno Hue, Serasa Berada di Abad Ke-19)

Bila hendak berbelanja disini, cobalah menawar hingga 75 persen dari harga yang ditawarkan pedagang. Atau bila enggan menawar, anda juga bisa berbelanja di toko - toko sekitar pasar. Pasar malam akhir pekan Old Market buka dari jam 7 malam hingga 11 malam waktu setempat, setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

(fid)

Baca Juga

Memburu Senja di Pantai Sukaerlaran Ujung Tapal Batas Negara

Memburu Senja di Pantai Sukaerlaran Ujung Tapal Batas Negara