nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rajin Creambath Bikin Rambut Rontok

Selasa 06 November 2007 14:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2007 11 06 83 58886 VZgHyn1te2.jpg

HALO Mas Rudy. Saya Santi (25), ingin menanyakan masalah seputar rambut rontok. Selama ini rambut saya sering sekali rontok hingga rambut nyaris terlihat botak. Mas Rudy perlu tahu kalau setiap saya mengeramas rambut. Saya melakukan hal ini karena rambut saya agak lengket jika tidak di keramas.

Rambut saya dulunya tebal dan sekarang tipis, hampir mirip rambut jagung. Menurut Mas Rudy, apakah dengan sering keramas setiap hari rambut akan semakin rontok dan menghambat pertumbuhan rambut saya sehingga bertambah kebotakan? Dan sebaiknya, shampo dan vitamin apa yang harus saya gunakan agar rambut saya tumbuh subur dan kembali indah?

Sekedar informasi, saya sudah mencoba menggunakan lidah buaya dan lainnya, tapi ternyata sampai sekarang hasilnya masih nihil. Dan jika saya melakukan creambath rambut, justru rontoknya semakin bertambah. Saran Mas Rudy saya nantikan. Terima kasih.

Jawaban:

Untuk Santi yang lagi cemas karena kerontokan rambut, sebelumnya perlu adik ketahui penyebab kerontokan rambut. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kerontokan rambut, namun yang paling sering disebabkan oleh penggunaan kosmetik rambut, yang meliputi penggunaan bahan kimia yang berlebih, misal pewarnaan rambut yang terlalu sering, juga karena proses pemaksaan terhadap rambut, seperti mencatok rambut dengan iron yang menggunakan panas berlebih.

Saya sarankan dalam mencatok rambut harus dilakukan oleh yang profesional, yang mengetahui temperatur panas yang sesuai dengan karakter rambut. Penyebab kedua, karena jamur atau ketombe sehingga menutupi permukaan kulit rambut dan memungkinkan akar rambut kekurangan oksigen, juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Dan yang terakhir karena faktor genetika atau metabolisme tubuh, seperti seseorang yang sakit panas berkepanjangan.

Mencuci rambut setiap hari tidak ada masalah, hanya saja shamponya yang perlu diperhatikan gunakan daily shampo, sesekali gunakan shampo antirontok, dan selanjutnya diiringi dengan penggunaan hair tonic dan vitamin rambut yang saat ini banyak di pasaran.

Dan satu hal lagi perlu adik ketahui, kalau rambut sedang mengalami kerontokan, untuk sementara hindari creambath. Memang benar, creambath justru akan menambah kerontokan, karena rontok adalah, karena kondisi rambut kita sedang rapuh, dan sifat creambath adalah memijit dan menarik rambut yang akan menambah rontok, untuk sementara gunakan perawatan hairmask.

Salam

Rudy Hadisuwarno

Penata Rambut Indonesia

Bagi pembaca yang ingin bertanya masalah di atas, Anda dapat mengirimkan pertanyaan ke email: konsultasi.lifestyle@okezone.com atau kirimkan via pos ke alamat redaksi okezone: Gedung Bimantara Lt 4, Jl Kebon Sirih Kav 17-19, Jakarta 10340, atau fax: (021) 390.2295. Setiap surat pembaca yang dimuat akan menerima bingkisan cantik dari konsultan. Alamat lengkap dan nomor kontak penanya wajib dilampirkan.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini