nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Taman Bali Tropis nan Eksotis

sindo, Jurnalis · Kamis 03 Januari 2008 16:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2008 01 03 30 72571 TX0OuHMxhD.jpg Foto: Sindo

ESTETIKA taman dapat dinilai dari konsep dan penataan yang memperkuat sebuah gaya taman. Salah satu konsep taman yang menjadi favorit pada hunian adalah taman Bali. Bagaimana menatanya?

Taman bergaya khas Bali merupakan salah satu jenis taman basah atau taman tropis. Ciri-ciri taman tropis yang bisa diketahui adalah banyaknya tanaman yang tumbuh dalam taman. "Oleh karena itu, taman bali termasuk dalam taman tropis yang diisi dengan tanaman-tanaman berdaun lebat sehingga terkesan rimbun," papar arsitek Demy Erdie Yandidari Megatika International.

Hal serupa juga diutarakan oleh arsitek lanskap Omar Samuel Ichwan. "Taman tropis ditumbuhi oleh berbagai jenis tumbuhan yang ada di daerah garis khatulistiwa, makanya taman bali pun menjadi salah satu jenis taman tropis ini."

Menurut Omar, taman bali itu sebenarnya hampir mirip dengan taman jepang. "Hal ini bisa dilihat dari adanya unsur air, batu, dan tanaman-tanamannya sehingga taman bali menyerupai taman jepang," jelas Omar. Lagipula, tak heran jika kedua taman tersebut memang mirip karena bali dan jepang sama-sama berada di wilayah dan budaya Asia.

Taman bali dapat dihiasi dengan ornamen-ornamen taman yang menunjang konsep bali tersebut. "Lampu-lampu taman yang beratapkan ijuk dan patung-patung bali bisa menjadi hiasan di taman bergaya bali untuk melengkapi desain lanskapnya," kata arsitek Kompyang Widyastuti.

Akan lebih komplit jika batang pohon dililit kain motif papan catur (hitam-putih) khas bali dapat dijadikan pilihan lain untuk menghiasi taman bali Anda yang asalnya menjadi alat penolak bala di Bali sana.

Selain itu, water feature yang mengisi taman juga menjadi ciri dari taman tropis bergaya bali ini. Kehadiran kolam kecil dengan bentuk kolam renang atau kolam ikan menjadi pelengkap taman yang dapat memberi keseimbangan jiwa dan ketenangan sebagai efek unsur air yang ada dalam area hunian.

Konsep taman dan material memang sangat mendukung bangunan hunian Anda. Taman pun sebaiknya serasi dan sesuai dengan konsep bangunan itu sendiri, namun taman bergaya bali cenderung fleksibel dipasangkan dengan rumah gaya apapun, baik klasik maupun modern. "Taman bali termasuk model taman yang mudah dipadukan dengan model-model rumah di Indonesia," ujar Demy.

"Lagipula, konsep desain itu sangat tergantung kepada selera pemilik rumah maunya seperti apa," tandas Omar.

Di tempat aslinya, taman yang ada di permukiman orang Bali memang sangat mendukung fungsi rumahnya. "Hal ini disebabkan karena taman juga sering dimanfaatkan sebagai tempat upacara dan kegiatan adat mereka (penduduk bali)," ujar Kompyang yang tergabung dalam Popo Danes Architecture.

Oleh karena itu, taman Bali juga diisi dengan tanaman bunga selain tanaman berwarna hijau. "Biasanya dihiasi dengan pohon kamboja yang sangat identik dengan bali," ujar Omar yang menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI) itu. Selain pohon kamboja yang cantik, bunga cempaka, dan tumbuhan pandan-pandanan, serta pisang-pisangan akan memperkuat konsep bali di taman hunian Anda.

Lanskap taman bali biasanya memiliki pola yang geometris. Pola kotak cenderung menjadi bentuk tanah taman bali pada halaman rumah. Penataan tumbuhan yang mengisi taman pun harus diperhatikan agar taman tidak terkesan "penuh" dan berantakan. "Maka itu perlu penataan yang efisien, bagaimana kesan ruang dapat lebih luas dan tidak sempit saat diisi banyak tanaman," ujar Omar, arsitek alumnus Universitas Trisakti ini.

Oleh karena itu, salah satu caranya adalah pilih material taman yang "langsing". "Contoh spesifiknya, jika Anda ingin membuat jalan setapak di taman, ukuran jalan setapak itu jangan besar-besar," tambahnya.

Ornamen yang menjadi penghias taman pun diletakkan sesuai dengan skala luas taman itu sendiri. Lampu taman, patung, atau kolam yang berada di taman bali juga harus menjadi point of interest. Posisinya bisa disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah. Asal tidak jomplang dengan ornamen dan tumbuhan lain yang ikut menghiasi taman bali Anda.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini