nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warga Antusias, Sebut Batik is Beautiful

sindo, Jurnalis · Kamis 17 Januari 2008 16:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2008 01 17 194 76033 e2DqRLhoVF.jpg Foto: Ist

UPAYA mempromosikan batik sebagai karya cipta asli Indonesia terus dilakukan. Seperti dilakukan remaja Indonesia ke Rep Ceko.

Promosi batik hingga ke mancanegara tersebut menorehkan kesan mendalam bagi Menur Adhiyasasti, satu dari dua mahasiswa Fisipol UGM yang ditunjuk sebagai Duta Muda ASEAN dari Indonesia yang mempromosikan batik lewat acara bertajuk "Senandung Batik Indonesia" yang digelar di tiga kota besar di Rep Ceko yakni Praha, Brno, dan Ricany.

"Bahkan, dalam keterbatasan masyarakat Ceko untuk berbahasa Inggris, mereka masih berusaha mengungkapkan pada kami bahwa batik is beautiful," ujarnya.

Menurut Menur, promo dilakukan selama tiga pekan, yaitu dari 13 Desember 2007 hingga 2 Januari 2008. Promosi batik disertai serentetan acara yang cukup komplit. Acara dimulai dengan pertunjukan tari-tarian daerah seperti Tari Serimpi, Tari Nawangwulan, Tari Godril serta tari kontemporer yang berkisah tentang pembuatan batik.

Setelah itu dilanjutkan peragaan busana batik tradisional Yogyakarta serta batik kosmo hasil karya desainer kondang asal Kota Gudeg, Afif Syakur. Proses peragaan busana tersebut diiringi lantunan lagu dari Leo "AFI" Modokompit. Di luar panggung, terdapat display mengenai proses pembuatan batik sehingga masyarakat Ceko dapat mengetahui proses pembuatannya.

Menurut Menur, animo masyarakat Ceko terhadap batik cukup tinggi, terlihat dari gedung pertunjukan berkapasitas 300-500 penonton yang selalu terisi penuh di tiap kota. "Dan tepuk tangan yang membahana selalu mengiringi di akhir pertunjukan kami," jelas alumnus pertukaran pemuda Indonesia-Kanada ini.

Sementara itu kesan mendalam juga dirasakan Andiputera Sparringa, yang juga mahasiswa Fisipol UGM serta beberapa rekannya dari Jakarta. Andi menambahkan, kegiatan promosi semacam ini akan menumbuhkan minat warga asing mengetahui keindahan budaya Indonesia sekaligus mendukung Visit Indonesia 2008 (tahun kunjungan Indonesia 2008). "Di sini, peran generasi muda dalam mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia akan semakin penting, mengingat promosi wisata membutuhkan ide-ide kreatif," ujarnya.

Bahkan, jelasnya, tidak menutup kemungkinan ajang promo ini bisa meningkatkan pasar batik di tingkat internasional. "Karena kami tidak hanya memamerkan batik khas Yogya, tapi juga batik dari Solo dan juga Pekalongan," ujar alumnus peserta kapal pemuda ASEAN-Jepang ini.

Penyelenggaraan promo batik ini diselenggarakan Kedutaan Besar RI (KBRI) di Praha, pemerintah kota Praha dan Ricany, desainer terkemuka asal AS Noubikko, perusahaan Livingston Travel, presiden National Folklore Association, dan perusahaan konglomerasi Czech Pasific Center.

(tty)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini