nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makanan Terlarang Bagi Si Pengguna Kawat Gigi

Dewi Arta, Jurnalis · Minggu 23 Mei 2010 13:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2010 05 23 27 335494 wgFqe67h77.jpg Demi keselamatan gigi dan kawat gigi, ada beberapa makanan yang harus dihindari. (Foto:Dok.Metrogaya)

TAK semua orang memiliki deretan gigi yang terususun rapi. Alhasil, kawat gigi menjadi satu-satunya jawaban untuk mendapatkan deretan gigi yang tertata rapi. Namun, ada sejumlah makanan terlarang bagi pengguna kawat gigi.

Ada beberapa makanan terlarang yang sebaiknya dihindari. Hal ini tidak semata demi keselamatan gigi, maupun juga untuk kawatnya sendiri. Apa saja makanan yang patut Anda hindari? Ini dia daftar makanan terlarang yang dirangkum Carefair, untuk Anda si pemakai kawat gigi.

Makanan keras dan sulit digigit

Jenis makanan yang satu ini hanya bisa membuat Anda sengsara. Wajar saja selama memakai kawat gigi, gigi selalu mengalami pergerakan sehingga kedudukannya agak goyah. Jika dipaksakan menggigit makanan yang agak keras, tentunya gigi akan ngilu. Tapi hal ini tidak berarti Anda cuma bisa mengonsumsi makanan lembut, seperti bubur. Anda tetap bisa memakan apel, tapi sebaiknya tidak langsung menggigit buahnya. Potong-potong terlebih dahulu dalam ukuran kecil apel yang ingin Anda makan. Hal ini perlu Anda lakukan supaya kerja gigi tidak terlalu berat atau Anda bisa mengolah apel dalam bentuk jus.

Makanan yang meninggalkan noda

Bila Anda memakai kawat permanen dengan karet warna putih atau transparan, akan lebih baik menghindari makanan yang berpotensi meninggalkan noda. Seperti nasi kuning. Kandungan kunyit pada nasi kuning dapat membuat karet di kawat gigi berubah menjadi kuning. Dan hal ini tentu saja bisa menimbulkan kesan jorok.

Makanan manis

Makanan manis memang kerap terlihat menggoda disantap. Tapi awas, makanan ini memberikan dampak tidak baik bagi gigi Anda. Untuk itu, hindarilah makanan manis seperti karamel atau permen, terutama bila memakai kawat gigi permanen. Makanan manis cenderung lengket sehingga sulit dibersihkan. Terlebih jika sudah menyelip di sela-sela kawat gigi. Jika lupa membersihkannya, dikhawatirkan sisa makanan akan terus mengendap dan akhirnya membuat gigi berlubang. Bila sangat ingin makan permen karet, pilih permen karet yang tidak hanya manis, tapi juga menyehatkan dan bisa mengikat bakteri.

(ang)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini