nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

1 Juni, Miss Indonesia 2010 Bakal Terpilih

Dewi Arta, Jurnalis · Senin 24 Mei 2010 18:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2010 05 24 29 335939 VxXEUFt8Bq.jpg 33 finalis Miss Indonesia siap berkompetisi di malam puncak Miss Indonesia 2010 (Foto: Astra Bonardo/SI)

AJANG penghargaan Miss Indonesia 2010 kembali digelar. Setelah diberi pembekalan cukup, para finalis bersiap menghadapi penjurian oleh para profesional di bidangnya hingga terpilihlah wanita yang akan membuat "semua mata tertuju padanya".

 

Dari 1.500 peserta yang mendaftar, terpilihlah 33 finalis. Para finalis mengikuti masa karantina yang dilaksanakan mulai 18 Mei hingga malam puncak Miss Indonesia 2010. Rencananya, pemilihan Miss Indonesia 2010 akan berlangsung 1 Juni 2010 di Ballroom Central Park dan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi RCTI.

 

Selama tiga pekan, para finalis mendapat pembekalan dari Menteri Budaya dan Pariwisata, Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan, dan Gubernur DKI Jakarta. Finalis juga diberikan berbagai pelatihan agar tidak hanya mengandalkan kecantikan fisik, tetapi juga harus dapat memancarkan kecantikan seutuhnya dari dalam diri mereka. Pelatihan yang diberikan, meliputi Beauty Class, Inner Beauty Class, Public Speaking Class, dan Table Manner Class.

 

Pada malam final, sebanyak 33 finalis akan diuji oleh para juri yang profesional dan ahli di bidangnya, yaitu founder Miss Indonesia Liliana Tanoesoedibjo, Martha Tilaar, Rima Melati, Raam Punjabi, Peter Saerang, Harry Darsono, dan Ferry Salim. Pemilihan Miss Indonesia 2010 ini juga dihadiri oleh dua tamu istimewa, yakni Miss World dan chairman dari Miss World International.

 

"Dua tamu istimewa yang akan hadir pada puncak Miss Indonesia 2010, di antaranya Miss World 2009 dan Miss Julia Morley, chairman dari Miss World International," papar Rudi Ramawy selaku Project Director Miss Indonesia 2010 saat ditemui di Hard Rock Cafe, eX Plaza, Jakarta, Senin (24/5/2010).

 

Rudi menjelaskan, rentang usia finalis Miss Indonesia 2010 cukup bervariasi dan tahun ini ada kategori tambahan yakni, Miss Inovasi.

 

"Range umur para finalis cukup lebar dan bervariasi. Tetapi yang jelas, mereka harus membawa nilai-nilai budaya Indonesia yang bisa dibawa ke luar negeri. Ada tambahan pada tahun ini, yakni Miss Inovasi," tambahnya.

 

Ia mengatakan, Miss Inovasi dipilih dengan melihat kepiawaian mereka dalam menggunakan teknologi, yang mereka pelajari semua dari Youtube dan diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.

 

"Tentunya pengetahuan ini adalah pengetahuan yang positif, sehingga mereka dapat memperkaya dirinya secara utuh," lanjutnya.

 

Ajang pemilihan Miss Indonesia juga di dukung oleh partner tetap, yakni Sariayu.

 

"Ini sudah keenam kalinya Sariayu digandeng RCTI. Kami rasa ajang ini sangat selaras dengan misi yang diusung Sariayu. Tidak cantik dari luar, melainkan juga cantik dari dalam," papar Deputy General Manager PT Martha Beauty Gallery Wulan Tilaar.

 

Wulan pun menjelaskan, tahun ini Sariayu kembali memberi penghargaan kepada wanita dengan kategori Miss Kulit Tercantik dan Miss Tubuh Indah dengan kriteria kulit cantik, dilihat dari kulit yang indah dan terawat.

 

Malam final akan terasa berbeda dengan penampilan dari Aluna Orchestra, Nidjie, Marcell Siahaan, Vidi Aldiano, Petra Sihombing, serta Marsha Manopo dengan konsep acara yang lebih minimalis, namun dengan sentuhan international look. Dengan konsep minimalis bertema "The Beauty of Indonesia", panggung dibuat lebih simpel namun elegan. Gambar-gambar yang mencerminkan Indonesia tampil dari sisi multimedia.

 

Miss World sampai Jakarta pada 31 Mei 2010 dan di hari yang sama, dilakukan pula latihan blocking bersama Miss Indonesia dan 33 finalis untuk malam puncak Miss Indonesia 2010.

 

Ajang pemilihan Miss Indonesia ini tidak hanya melihat prestasi akademik semata, tapi juga berbagai bakat yang mereka miliki. Finalis akan dilihat bakatnya dari babak fast track.

 

"Fast track di bidang modeling, dilihat dari latihan koreografi yang luwes dan bagus. Sport dari kegiatan lari estafet dan voli. Lari diukur dari kecepatan per orang sedangkan voli dinilai dari kerja sama mereka dalam bermain voli. Dan talent show, di mana finalis harus mempersiapkan bakat yang paling menonjol, bisa dengan menari, nyanyi, atau tarian," tutup Dicky Sadikin selaku Produser Miss Indonesia.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini