Glutamat Tak Hanya Ada dalam MSG

Adhini Amaliafitri, Jurnalis · Sabtu 17 Juli 2010 09:07 WIB
https: img.okezone.com content 2010 07 16 27 353704 zTdncJ13Ve.jpg Kecap, terasi, dan tomat, juga merupakan makanan yang memiliki kandungan glutamat tinggi di mana rasa gurih yang dihasilkan, sama seperti makanan mengandung MSG. (Foto: gettyimages)

BUMBU penyedap rasa, atau yang populer disebut MSG memang dikenal sebagai sumber rasa gurih (umami) pada makanan. Sebagian orang berprinsip antimemakai MSG. Padahal selagi dikonsumsi dalam batas wajar, MSG aman bagi tubuh, bahkan memberikan manfaat, sama seperti makanan lainnya.

 

MSG merupakan gabungan dari sodium/natrium (garam), asam amino glutamat, dan air. Penegas cita rasa ini dibuat melalui proses fermentasi tetes tebu oleh bakteri brevi-bacterium lactofrementum yang menghasilkan asam glutamat. Kemudian, dilakukan penambahan garam sehingga bahan-bahan tersebut mengkristal.

 

“Glutamat dikristalkan dengan penambahan sodium sehingga tahan lama, mudah dikemas, dan mudah dipasarkan. Salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh adalah natrium. Dengan menambahkan natrium dengan glutamat, hasilnya jadi natrium glutamat. Jadilah monosodium gluatamate (MSG),” kata Prof Dr Ir H Hardinsyah MS, Ahli Nutrisi dari Institut Pertanian Bogor dalam acara kunjungan ke pabrik AJINOMOTO–Mojokerto, Surabaya, baru-baru ini.

 

Glutamat sendiri salah satu fungsinya merangsang eksresi (proses pembuangan sisa metabolisme dan benda tidak berguna lainnya/Wikipedia) cairan ludah dan lambung sehingga proses pencernaan berjalan lebih cepat dan sempurna. Bagaimana mekanismenya?

 

“Ketika orang makan sumber protein, protein bisa dicerna dengan baik karena keasaman yang tinggi, dan cairan lambung yang banyak untuk melumatkannya. Karena itu, kalau kita makan daging ditambah banyak MSG, bagus untuk pencernaan lebih sempurna,” jelas Hardinsyah.

 

Hardinsyah yang juga Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia ini menjelaskan, setiap makanan berasa gurih adalah akibat adanya glutamat.

 

“Jika suatu produk tidak ada MSG, berarti produk tersebut membohongi konsumen. Kita tahu, glutamat bukan hanya yang dibuat dari pabrik ini,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut, Hardiansyah mengatakan bahwa glutamat tidak hanya terkandung dalam MSG. Kecap, terasi, dan tomat, juga merupakan makanan yang memiliki kandungan glutamat tinggi di mana rasa gurih yang dihasilkan, sama seperti makanan mengandung MSG.

 

“Semakin matang tomat, semakin banyak glutamat di dalamnya. Di sana (dalam tomat) ada rasa umami (gurih). Makanya kalau orang bikin sambal terasi, yang dipakai tomat matang, bukan tomat hijau yang masih muda. Karena, tomat matang lebih banyak mengandung glutamat, yang menghasilkan rasa gurih” tukasnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini