Share

Pulih Kembali Pascaoperasi Caesar

Mom& Kiddie, Jurnalis · Sabtu 13 November 2010 10:15 WIB
https: img.okezone.com content 2010 11 12 195 392771 FgyvnWx3rt.jpg Pulih kembali pascaoperasi caesar. (Foto: Getty Images)

TIGA bulan setelah melahirkan secara caesar, Rhena (30 tahun) mengeluhkan perutnya yang masih gendut. Tak sabar rasanya Rhena ingin melakukan sit up dan senam, untuk mengecilkan kembali lingkar perutnya. Tapi ia ragu, apakah luka bekas operasinya sudah benar-benar pulih. Memang luka bagian luarnya sudah kering.

Namun, apakah luka pada lapisan dalam perut sudah kering juga? Nah, kalau moms juga menghadapi situasi seperti Rhena, alangkah baiknya ikuti pembahasan yang dituturkan oleh dr Sofani Munzila, SpOG, RS Mitra Keluarga Depok, berikut ini.

24 Jam Pemulihan Sudah Berlangsung

Seksio sesaria adalah suatu tindakan untuk melahirkan bayi dengan membuka dinding rahim melalui sayatan pada dinding perut. Orang biasa menyebutnya dengan istilah operasi caesar.

Dalam operasi caesar ada 7 lapisan perut yang harus disayat. Sementara saat proses penutupan luka, 7 lapisan tersebut dijahit satu demi satu menggunakan beberapa macam benang jahit.

Setelah itu, moms akan dinyatakan pulih pascaoperasi cesar berdasarkan pada dua hal, pulih dilihat dari segi penyembuhan luka maupun pulih berdasarkan kembalinya aktivitas si pasien. Umumnya 24 jam pertama setelah menjalankan operasi pasien masih berbaring karena efek dari pembiusan.

Nah, setelah 24 jam pasien dianjurkan untuk bergerak (mobilisasi), tujuannya agar tidak terjadi perlengketan pada bekas operasi bagian dalam dan kembalinya fungsi usus ke kondisi normal. Sebenarnya, 24 jam setelah operasi caesar proses pemulihan sudah mulai berlangsung.

Penyembuhan Bertahap

Bagian yang paling cepat mengalami proses penyembuhan adalah bagian kulit dan subkutis (jaringan lemak di bawah kulit). Kurang lebih 7-10 hari pascaoperasi, jahitan sudah melekat sempurna. Kecuali ada hal-hal lain yang mengganggu proses penyembuhan luka seperti kondisi diabetes, anemia atau infeksi.

Setelah kulit dan subkutis sembuh, bagian yang mengalami proses penyembuhan adalah otot dan fasia -bagian yang paling kuat melindungi rongga perut dari luar. Pada fasia, penyembuhan sempurna biasanya memakan waktu lebih dari 28 hari.

Hal ini bergantung pada penggunaan benang untuk menjahit dalam mempertahankan tegangan jaringan fasia sehingga tidak cepat robek/rapuh. Kualitas benang yang baik adalah yang dapat mempertahankan tegangan jaringan dalam jangka lama selama proses penyembuhan berlangsung sebelum akhirnya diserap oleh tubuh.

Kemudian proses penyembuhan pada bagian otot, normalnya memakan waktu berkisar satu bulan sampai benang diserap tubuh.

Sementara proses penyembuhan pada rahim memakan waktu yang cukup lama. Mulai pada masa nifas (kurang lebih 40-42 hari), rahim mengalami pengecilan menjadi bentuk dan ukuran sebelum hamil (involusi).

Ingat moms, walaupun pada masa nifas pemulihan rahim sudah berlangsung, namun penyembuhan otot rahim baru dicapai secara sempurna, setelah kurang lebih 3 bulan pascaoperasi.

Nyeri Pascaoperasi

Banyak moms yang mengeluhkan rasa nyeri di bekas jahitan caesar. Keluhan ini sebetulnya wajar karena tubuh tengah mengalami luka dan proses penyembuhan (reaksi inflamasi). Apalagi jika luka tersebut tergolong panjang dan dalam. Dalam proses penyembuhan tak bisa dihindari terjadinya pembentukan jaringan parut.

Jaringan parut inilah yang dapat menyebabkan nyeri saat melakukan aktivitas tertentu. Begitu juga aktivitas yang berlebihan maupun penekanan pada bagian tersebut.

Nah, untuk meminimalkan keluhan yang satu ini mau tidak mau moms harus meninggalkan dulu aktivitas yang berlebihan. Khususnya aktivitas dengan gerakan yang terlalu cepat. Pilihlah aktivitas ringan yang tidak terlalu memberatkan.

Jangan pula menekan daerah jahitan tersebut, baik sengaja maupun tidak, atau berjongkok secara tiba-tiba sampai bagian bekas jahitan caesar benar-benar kering dan kuat.

Untuk beraktivitas kembali sebenarnya 24 jam pertama sudah dianjurkan tapi tidak boleh terlalu berat utamanya yang menggunakan otot perut. Jika dipaksa akan terasa nyeri dan terjadi peregangan pada bekas luka.

Misalnya setelah operasi, moms mengalami batuk-batuk maka harus bilang ke dokter supaya diobati. Pasalnya, tekanan tinggi pada rongga perut yang berlangsung sering dan terus menerus dapat menyebabkan jahitan meregang.

Sementara pada moms yang ingin melakukan sit up untuk mengecilkan perut, disarankan setelah 6 minggu pascaoperasi. Dengan tahapan yang ringan terlebih dahulu. Karena, saat sit up otot perut berkontraksi, sementara pada bagian tersebut sedang luka dan mengalami proses penyembuhan. Sehingga jika dilakukan sebelum 30 hari maka akan terasa nyeri. Yang lebih parah, jahitan akan meregang dan kemudian terlepas.

 

Tiap Orang Berbeda

Prinsipnya, proses penyembuhan pascaoperasi caesar pada setiap orang berbeda, bergantung kondisi fisiknya. Misalnya, untuk penderita diabetes dan anemia, proses penyembuhan pascaoperasi akan membutuhkan waktu lebih lama.

Penyembuhan luka bekas operasi caesar memerlukan oksigen dalam darah, zat gizi utamanya protein sehingga jaringan ikat kolagen dan pembentukan jaringan baru berlangsung lebih cepat.

Oleh karena itu, bagi moms yang melahirkan dengan cara caesar dianjurkan untuk banyak mengonsumsi vitamin, protein baik hewani (putih telur, ikan) dan protein nabati (tahu, tempe) dan sayur hijau.

(nsa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini