nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Perayaan Imlek di Berbagai Negara

SINDO, Jurnalis · Rabu 02 Februari 2011 14:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 02 02 29 420696 xf9FTL6BLC.jpg Chingay Parade (Foto: Google)

MASYARAKAT etnis Tionghoa tersebar di berbagai belahan dunia. Begitu banyaknya penyebaran ini, hingga Chinatown, kawasan yang banyak ditinggali orang China, banyak ditemui di berbagai negara.

Karena itu pula, perayaan Imlek atau Tahun Baru China juga semarak di berbagai negara. Ada beberapa negara atau kota yang cukup terkenal kemeriahannya dalam menyambut tahun baru China tersebut. Nah, jika Anda tertarik untuk merayakan atau melihat kemeriahannya, berikut ini beberapa petunjuknya.

HONG KONG

Begitu banyak variasi acara Imlek di Hong Kong. Ada parade pada malam hari menyambut Imlek yang disebut Chinese New Year Night Parade. Isinya adalah parade grup lokal dengan marching band. Lalu ada pesta kembang api di Victoria Harbour dan New Year Flower Market di Victoria Park dan Fa Hui Park. Pesta bunga ini berlangsung sejak akhir Januari hingga awal Februari.

Masih ada pula Chinese New Year Horse Riding pada Sabtu (5/2) di Sha Tin Racecourse. Kompetisi balap kuda ini digelar karena ada kepercayaan bahwa keberuntungan pada tahun baru dimulai dengan bertaruh untuk kuda favorit mereka.

Satu hari menjelang Imlek, penduduk Hong Kong selalu datang ke flower market yang dibuka di sejumlah tempat. Membeli bunga menjadi tradisi masyarakat setempat dalam menyambut pergantian tahun. Beberapa bunga menjadi simbol keberuntungan bagi masyarakat etnis China.

Pada malam pertama tahun baru, penduduk Hong Kong berkumpul di sekitar kawasan Hong Kong Cultural Centre hingga New World Centre di Tsim Sha Tsui untuk menyaksikan parade budaya. Parade ini diikuti 35 peserta dari Hong Kong dan luar Hong Kong. Keesokan harinya, giliran pesta kembang api digelar. Kali ini massa berkumpul di kawasan Victoria Harbour agar bisa menyaksikan keindahan kembang api itu dari dekat. Otoritas Hong Kong sudah menetapkan dua atraksi tersebut sebagai agenda tetap perayaan Chinese New Year setiap tahun.

BEIJING

Di ibu kota China ini, perayaan Imlek adalah gabungan antara kehidupan tradisional dan modern. Temple Fairs menjadi salah satu perayaan gabungan yang paling terkenal. Di acara tersebut diadakan pelaksanaan ritual keagamaan di hampir semua kuil atau kelenteng. Selain ritual, ada pula acara hiburan, permainan, makanan, dan minuman, juga bazar yang menjual kerajinan tangan tradisional. Selain Temple Fairs, ada pula karnaval Spring Festival, Peking Opera, juga pertunjukan akrobat dan acara minum teh. Dan, yang pasti, suasana festival dan kemeriahan tahun baru akan sangat kentara di setiap sudut kota.

SINGAPURA

Perayaan meriah Imlek tentu saja akan berlangsung di Chinatown. Di kawasan ini akan ada acara penyalaan lampu di jalan-jalan utama atau street light-up, pesta kembang api di Eu Tong Sen Street dan New Bridge Road, serta kompetisi barongsai internasional. Tentu saja, juga ada festival makanan Imlek seperti waxed duck, dendeng manis, dan kue-kue. Yang ingin melihat parade jalanan, bisa menyaksikan Chingay Parade, yaitu arak-arakan rangkaian penari, mobil hias, dan atraksi liong dan barongsai.

Acara akan diadakan di Pit Building dengan latar belakang Marina Bay. Pada acara pembukaan, akan ada pasangan naga di langit sepanjang 88 meter dari China, juga naga yang melilit kembang api. Masih ada pula pertunjukan dari kelompok internasional, termasuk dari Indonesia. Acara akan semakin meriah dengan adanya pertunjukan tari samba, Latin, hip-hop, dan penampilan DJ internasional. Masih belum cukup, kemeriahan lainnya juga akan ada di The Float@Marina Bay. Di kawasan ini, selain tentu saja ada pesta kuliner, juga akan ada pertunjukan budaya dan tradisi China.

PENANG

Jejak kemeriahan Imlek juga ada di Penang, Malaysia. Sejak Minggu (30/1), Little Penang Street Market sudah menjual berbagai pernik untuk perayaan Imlek. Sementara itu, di Kek Lok Si Temple akan dipajang 200.000 lampu dan 10.000 lentera untuk menambah syahdu suasana kuil. Anda yang ingin melihat perayaan Imlek di perkampungan China di Penang, datanglah pada Kamis (10/2) ke Chew Jetty di Weld Quay.

Di perkampungan etnis China ini akan ada ritual persembahan kepada Jade Emperor God dengan memberikan makanan, minuman keras, dan tebu. Sementara pada perayaan Chap Goh Meh (malam ke-15 setelah Imlek), saat bulan purnama, perempuan-perempuan lajang akan pergi ke Penang Esplanade. Mereka akan melakukan upacara membuang jeruk ke laut dengan harapan akan mendapatkan suami yang cocok untuk dinikahi.

LONDON

Di London, perayaan Imlek tahun ini akan dirayakan pada Minggu (6/2). Perayaan akan dipusatkan di tiga tempat, yaitu Trafalgar Square, Leicester Square, dan Chinatown. Perayaan akan dimulai pukul 12.00 siang dan berakhir pada sore pukul 18.00. Perayaan Imlek akan dimeriahkan seniman dari Qinghai dan Kuning, China. Tentu saja, akan ada pula naga, singa, seni akrobatik China, dan kembang api. Sementara di Chinatown, akan ada festival makanan dan pertunjukan barongsai.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini