nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rambut Kok Beruban?

Chaerunnisa, Jurnalis · Kamis 10 Februari 2011 17:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 02 10 83 423580 sjwJjfN9xK.jpg Rudy Hadisuwarno

HAI mas Rudy yang baik, nama saya Mawar. Saya ingin menayakan, apakah normal jika seusia saya sudah beruban? Padahal usia saya baru saja menginjak 21 tahun.

Saya sering kali merasa ketakutan sebab uban tersebut semakin hari semakin banyak, padahal saya termasuk orang yang tidak banyak pikiran. Mungkinkah hal itu disebabkan oleh penyakit atau penggunaan sampo yang tidak cocok?

Mohon mas Rudy bisa memberikan solusinya, sebab saya merasa sangat tidak nyaman dengan uban tersebut, dan saya juga tidak ingin mencat rambut saya karena takut rambut saya bertambah rontok.

Dulu saya pernah creambath di salon yang cukup terkenal, tapi sejak itu rambut saya malah rontok. Saya pun jadi saya agak trauma ke salon, takut rambut malah tambah rontok. Terima kasih atas sarannya. Saya sangat mengharapkan jawaban dari mas Rudy.

Mawar, Kebayoran Lama.          

Jawab:

Mawar, timbulnya rambut putih (uban) dikarenakan adanya gangguan sintesa protein, sel rambut tidak mampu menghasilkan pigmen (melanin) sehingga rambut menjadi kehilangan warna.

Dan biasanya hal tersebut terjadi di usia lanjut tapi timbulnya uban tidak menutup kemungkinan terjadi di usia muda seperti Anda.

Faktor genetik dari orangtua, stres, kurang gizi, syok, ketegangan, sakit kepala, kekhawatiran, dan kesedihan yang berlebihan akan memicu timbulnya uban. Beberapa tip buat Anda untuk menghambat dan mengurangi tumbuhnya uban di antaranya:

1. Campuran minyak kelapa dan jeruk nipis sangat bermanfaat untuk menghitamkan hambut, usapkan keseluruh rambut dan diamkan 15 menit.

2. Berikan nutrisi yang cukup untuk rambut di antaranya, vitamin A, B, Mineral, Protein.

Nutrisi diatas dapat diperoleh pada makanan, di antaranya: sayuran hijau, buah-buahan warna merah dan kuning, pisang, daging, ayam, dan biji-bijian, terutama kedelai.

Selamat mencoba ya, semoga bermanfaat buat Anda.

Salam

Rudy Hadisuwarno

Pakar Rambut Indonesia

(nsa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini