nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

LVMH Akan Beli Bulgari USD3,4 M

Yanto Kusdiantono, Jurnalis · Senin 07 Maret 2011 18:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2011 03 07 29 432338 XZOaM0sGwr.jpg LVMH (Foto: Google)

GRUP perusahaan ritel busana mewah, Moet Hennessy Louis Vuitton SA (LVMH) menyatakan akan mengambil alih kepemilikan perusahaan perhiasan high end Bulgari dengan nilai transaksi hampir USD3,4 miliar.

Menurut keterangan resminya, perusahaan yang terkenal dengan produk tas mewah itu akan membawa Bulgari tetap stabil guna menghadapi tingginya permintaan dari negara-negara emerging market.

“LVMH akan membeli 50,4 persen saham Bulgari atau setara dengan 16,5 juta saham dari total 152 juta saham yang dimiliki keluarga Bulgari,” ujar LVMH, seperti dirilis Reuters, Senin (7/3/2011).  

Selain itu, LVMH juga memiliki opsi membeli saham lainnya senilai 12,25 euro per saham, premium hampir 50 persen dari harga penutupan pekan lalu yang hanya 7,5 euro per saham. Hanya saja, kesepakatan itu baru akan dilakukan jika pembelian awal dilaksanakan.  

Bulgari menambahkan, sepakat mengalihkan kepemilikan kepada LVMH karena perusahaan yang dimiliki oleh miliuner Bernard Arnault itu diyakini bisa menjamin masa depan Bulgari. Arnault sendiri menyatakan bahwa kesepakatan tersebut sebagai “sesuatu yang ideal pada semua level”.

Sekadar diketahui, LVMH saat ini memiliki sejumlah merek-merek produk fesyen terkenal, seperti Givenchy, Dior, Guerlain, Moet and Chandon, serta Dom Perignon. LVMH juga dikenal sebagai salah satu peritel busana mewah yang konsumennya terdiri atas para sosialita dunia.

Sementara Bulgari sebelumnya menanti cukup lama mencari mitra potensial setelah investasi perusahaan yang dikenal dengan aksesori berlian dan tas mewah itu terhantam krisis saat resesi global 2009 silam.

Dalam kesempatan tersebut, keluarga Bulgari akan menjadi pemegang saham kedua terbesar di LVMH Group. Nantinya, keluarga Bulgari akan menempatkan perwakilannya di dewan direksi LVMH. Salah satunya adalah Chief Executive Francesco Trapani yang akan mengurusi bisnis perhiasan dan jam tangan mewah.

Sebelum mengambil alih Bulgari, akhir tahun lalu LVMH dikabarkan berminat membeli merek tas terkenal lainnya Hermes. Namun Januari lalu, Arnault menyatakan pihaknya tidak lagi tertarik membeli saham Hermes.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini