Ini Dia 5 Langkah Rawat Kulit Kering

Chaerunnisa, Jurnalis · Minggu 13 Maret 2011 12:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2011 03 12 195 434317 oHBktsCnFr.jpg 5 langkah rawat kulit kering. (Foto: Corbis)

KULIT kering biasanya disebabkan berkurangnya produksi minyak di kulit. Padahal, minyak ini penting sebagai pelumas dan menghidrasi kulit. Ada beberapa langkah jitu yang dapat ditempuh untuk memperbaikinya. Apa saja?

Hindari cuci muka dengan air panas, dan jangan gunakan sabun biasa. Pilih sabun dan pembersih wajah untuk kulit kering, gosok lembut dengan ujung jari dengan gerakan memutar. Keringkan dengan cara ditepuk-tepuk, dan biarkan wajah sedikit lembap.

Langkah selanjutnya, selalu gunakan pelembap khusus untuk kulit kering, dan oleskan segera setiap kali selesai mandi atau mencuci. Pakai pula pada wajah dan leher dengan arah ke atas. Lalu, oleskan pelembap sebelum tidur.

Tahap lebih lanjut yang dapat dilakukan untuk kulit kering ialah, rawat dengan masker seminggu sekali. Ini akan membantu mengurangi kulit kering dan mati yang telah berakumulasi di wajah. Jika seluruh kulit tubuh terasa kering (misalnya saat hari panas), maka gunakan garam scrub untuk luluran, yang akan membantu meluruhkan sel-sel kulit mati sehingga sel-sel baru yang segar bisa muncul.

Kurangi atau hentikan kebiasaan merokok. Pasalnya, nikotin dalam rokok mempersempit pembuluh darah, sehingga menyulitkan kulit mendapat nutrisi yang dibutuhkannya.

Tahap akhir, sebaiknya hindari paparan sinar matahari. Selalu gunakan tabir surya dengan SPF yang cukup dan bubuhkan kembali secara berkala sesuai ketentuan.

(nsa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini