Trik Menghemat Air ala Farhan

Lastri Marselina, Jurnalis · Selasa 15 Maret 2011 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2011 03 15 195 435174 KcLb5sh9b8.jpg Farhan (Foto: majalahsobek.multiply.com)

KEBERADAAN air dalam kehidupan manusia sangat krusial. Di mana beragam manfaatnya, dapat memengaruhi sejumlah aktivitas vital manusia untuk bertahan hidup. Namun keberadaan air bersih yang layak dan dapat menunjang aktivitas tersebut, kini diketahui menjadi sesuatu yang langka.
 

Mensinyalir permasalahan tersebut, presenter dan penyiar radio bernama lengkap Muhammad Farhan ini punya trik sederhana menghemat air yang dia terapkan di dalam rumah. Apakah itu?

 

“Waktu kecil, untuk mendapatkan air saya terbiasa menimba terlebih dulu. Akses untuk mendapatkan air bersih pun sangat sulit, bahkan saat daerah rumah saya terkena banjir. Sadar akan hal itu, saya pun menerapkan disiplin hemat air kepada seluruh anggota keluarga. Salah satunya hanya menyediakan satu bak mandi agar keluarga terbiasa menggunakan shower untuk mandi. Aktivitas mencuci mobil atau motor pun dilakukan ketika bukan waktunya mandi dan mencuci pakaian, yakni bisa pagi banget sebelum pukul 05.00 hingga 09.00 dan malam dari pukul 24.00 hingga 04.00,” cerita Farhan yang ditemui okezone saat acara temu media “Water That Kills” oleh Koalisi Rakyat untuk Hak Atas Air (KRuHA) di Cafe Au Lait, Menteng, Jakarta, Selasa (15/3/2011).  

 

“Trik hemat lainnya adalah rutin membersihkan kandang binatang peliharaan dengan menggunakan air bekas cucian baju. Cara ini efektif untuk menghilangkan virus H5N1 alias flu burung yang terdapat pada kotoran hewan, loh,” sambungnya.

 

Dalam akun Twitternya, Farhan juga selalu memposting isu yang berhubungan dengan air dan menyiarkannya secara parodi, bisa dikatakan cara ini merupakan bentuk lain kepedulian pria berusia 41 tahun ini.

 

“Twitter dan Facebook adalah social media yang efektif untuk berbagi informasi. Pada dasarnya program tersebut hanya sebuah program sharing permasalahan air saja. Setiap memposting isu air, saya membacakan beberapa tweet yang dikirimkan followers saya yang baru ini mencapai 15.000 followers hingga tanggal 22 Maret mendatang di salah satu stasiun radio,” tutup Farhan.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini