Wow, Menyusui Bakar 600 Kalori per Hari

Lastri Marselina, Jurnalis · Rabu 16 Maret 2011 21:12 WIB
https: img.okezone.com content 2011 03 16 196 435677 PygmB6w77m.jpg Moms dan si kecil (Foto: Corbis)

KITA semua tahu bahwa ASI merupakan asupan nutrisi terbaik untuk bayi. Selain fungsi utamanya membantu tumbuh kembang bayi, ternyata menyusui juga dapat membantu Moms menurunkan berat badan secara alami.

Menurut Ehow, tanpa bersusah payah olahraga maupun diet ketat, Moms dapat membakar ratusan kalori hanya dengan menyusui sang buah hati.

Efek

- Setiap harinya, Moms dapat membakar antara 200 hingga 600 kalori per hari hanya dengan menyusui. Hitung-hitungannya sebagai berikut; 28 ml ASI sama dengan membakar 20 kalori.

- Studi menemukan Moms yang menyusui susut bobot tubuh lebih baik dari Moms yang mengandalkan susu formula. Moms yang menyusui bayinya secara eksklusif terlihat lebih berisi di bagian pinggul dan paha, ketimbang Moms yang mengandalkan susu formula.

Pola makan seimbang

Dikarenakan Moms membakar kalori hanya dengan menyusui, maka Moms pun harus menerapkan pola makan seimbang. Moms menyusui harus menambah 300 hingga 500 kalori lebih banyak ketimbang saat sebelum hamil.

Salah kaprah

Kepercayaan masyarakat saat ini menganggap bahwa olahraga mampu memengaruhi kualitas dan kuantitas ASI. Olahraga memang meningkatkan kadar asam laktat dalam tubuh, tapi tidak berpengaruh negatif terhadap ASI.

Kewaspadaan

Penerapan pola diet dan olahraga sebelum bayi berusia 2 bulan, berisiko terhadap Moms dan air susunya. Mengapa? Karena dalam kurun waktu itu, saatnya Moms untuk menyembuhkan dirinya dari proses persalinan-bukan malah berdiet. Lagipula kalori yang berkurang terlalu cepat, misalnya Moms “melaparkan diri untuk kurus” dapat mengganggu suplai ASI yang akan berdampak buruk juga terhadap sang buah hati.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini