Kemilau Sutra Wajo

Chaerunnisa, Jurnalis · Sabtu 19 Maret 2011 18:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 03 19 29 436654 LL9psWnyT1.jpg Kemilau sutra Wajo (Foto: Batiksulsel)

SILK road yang menghubungkan Asia, khususnya China dengan Eropa, menjadi bukti betapa sutra merupakan bahan sandang yang banyak dicari dan menguntungkan untuk diperdagangkan.

Hingga saat ini, sutra menjadi kain unggulan, dengan kombinasi kehalusan, kelembutan, dan kecemerlangan warnanya yang memukau. Struktur dalam sutra membuat kain yang satu ini seperti berkilau, karena terjadi pembiasan cahaya dari berbagai sisi membuat si pemakain semakin cemerlang. Sutra pun terus dicari dan digemari, hingga negeri ini.

Kabupaten Wajo di Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah penghasil sutra unggulan di Indonesia. Terdapat sekira 5.000 pengrajin kain sutra di sini, menghasilkan kain yang menjadi komoditas andalan bagi pariwisata Wajo. Demikian yang disitat dari Respect.

Sutra Wajo dibuat dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) yang dalam bahasa Bugis dikenal dengan nama "Tennun Bola-Bola". Usaha tradisional ini menghasilkan sekira 1,5 juta meter kain sutra setiap tahun, dan dapat menggerakkan perekonomian rakyat.

Beragam motif dihasilkan pengrajin sutra Wajo dengan berkualitas tinggi. Sebut saja motif tradisional seperti sobbi, balorinni, baliare, cobo, serta motif yang menyerupai ukiran-ukiran Toraja.

Keindahan dan kualitasnya bahkan sampai negara tetangga, Malaysia yang pernah mengadakan kunjungan untuk menggali potensi ini secara langsung. Bahan baku tekstil sutra asal Wajo dinilai lebih baik mutunya daripada China, helaian sutra yang dihasilkan lebih bertekstur, hasil dari ATBM.

Ironisnya, meski sudah menghasilkan sutra dalam jumlah besar, Sulawesi Selatan masih mengimpor benang sutra rata-rata 70 ton per tahun dan mayoritas diimpor dari China, Jepang, hingga India. Tiap tahun produksi kain sutra Sulsel sekira 2,5 juta meter dengan pangsa pasar sekira 80 persen ke luar daerah, terutama pulau Jawa dan Sumatera.

Jika ingin tampil lebih cemerlang dan memukau, gunakan kain sutra. Tak hanya untuk busana, sutra juga bisa memancarkan pesona di interior hunian Anda.

(nsa)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini