Jangan Bercinta Sehari Sebelum Pap Smear!

Lastri Marselina, Jurnalis · Kamis 24 Maret 2011 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2011 03 24 197 438554 kEgHogotKP.jpg Jangan bercinta sehari sebelum pap smear. (Foto: Getty Images)

BAGI setiap wanita yang telah berhubungan seksual, pap smear merupakan cara mendeteksi dini kanker leher rahim wajib dilakukan. Pap smear memiliki peran yang sangat penting, karena kanker leher rahim stadium awal tidak memberikan gejala atau pertanda apapun.

Di Indonesia, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan pada 2007, terdapat lebih dari 8.000 pasien kanker leher rahim, dan setiap jamnya tercatat satu pasien meninggal dunia.

Namun, setelah Anda mendaftarkan diri untuk melakukan pap smear di klinik maupun rumah sakit terdekat, hindari aktivitas seksual sehari sebelumnya.

"Sebuah aturan umum, sebaiknya hindari aktivitas seksual semalam sebelum pap smear," kata Alan Waxman MD, asosiasi profesor obgyn di University of New Mexico, di Albuquerque.

Bukan tak beralasan, itu dilakukan lantaran saat bercinta dapat menyebabkan lecet pada leher rahim.

"Karena friksi yang terjadi saat bercinta dapat menyebabkan lecet pada leher rahim, yang akan memengaruhi kualitas sampel sel sehingga tidak dapat diinterpretasikan," jelas Dr Alan.

Lantas, bagaimana jika akhirnya pasutri terlanjur bercinta semalam sebelum pap smear?

"Kendati sangat dianjurkan untuk tidak bercinta semalam sebelum pap smear, namun Anda tidak perlu repot membatalkan appointment tadi. Jika pap smear yang Anda lakukan merupakan pap smear tahunan, tidak akan ada risiko penyakit yang berlebihan, yang perlu Anda lakukan adalah mengatakan kepada dokter yang akan memeriksa, sehingga dia dapat lebih berhati-hati saat pemeriksaan," tutupnya.

(nsa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini