Dua Gelas Susu untuk Kesehatan Otot

Dwi Indah Nurcahyani, Jurnalis · Jum'at 25 Maret 2011 17:38 WIB
https: img.okezone.com content 2011 03 25 195 438964 uRIuzKr2NE.jpg Sehat minum susu (Foto: Corbis)

JANGAN pernah melupakan susu dalam asupan harian Anda. Itu jika Anda ingin tubuh tetap sehat dan kekuatan otot terjaga.

 

Mengonsumsi dua gelas susu sehari secara rutin setelah melakukan olahraga angkat beban akan membantu kekekaran otot Anda dan mengikis lemak pada wanita, seperti dilaporkan sebuah studi baru.

 

“Latihan angkat beban bukanlah pilihan olahraga popular bagi wanita,” kata Stu Phillips, Profesor di Department of Kinesiology di McMaster University. Padahal, manfaat kesehatan dari latihan ini sangat  besar. Selain meningkatkan kekuatan tulang dan kesehatan otot, latihan ini juga membantu kelancaran metabolisme tubuh, seperti ditulis Times of India.

 

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Laboratorium Phillips menunjukkan, susu dapat meningkatkan kekuatan otot dan mengikis lemak pada pria. Dalam studi yang baru dilakukannya, Philips ingin menantang para wanita untuk melakukan latihan  yang kerap dijauhinya tersebut serta menghindari mengkonsumsi susu karena persepsi yang mengakar kuat bahwa minuman ini bersifat menggemukkan.

 

“Keuntungan dari minum susu adalah otot menjadi lebih besar dan lemak yang ada di dalamnya hilang terkikis, “ kata Philips. “Sebenarnya kami masih belum yakin dengan penyebabnya. Karenanya kami sedang menyelidiki bahwa sekarang ini kombinasi kalsium, protein kualitas tinggi dan vitamin D sangatlah dibutuhkan. Dan semua nutrisi tersebut terkandung dalam susu.

 

Selama periode 12 pekan, studi ini memantau para wanita muda yang tidak  melakukan  latihan fisik angkat beban. Setiap harinya yakni dua jam sebelum olahraga, para wanita tersebut diminta untuk tidak makan atau minum apapun kecuali air. Setelah mereka melakukan latihan rutin, satu kelompok di antaranya mengonsumsi 500 ml susu putih bebas lemak dan kelompok lainnya mengkonsumsi minuman energi yang mengandung gula. Minuman yang sama dikonsumsi pula setiap jam oleh salah satu kelompok lainnya setelah berolahraga.

Dalam melakukan latihan, para wanita tersebut melalui tiga jenis olahraga yakni mendorong beban di depan dada, menarik beban dalam keadaan duduk dan latihan kaki. Setiap harinya aktivitas mereka dipantau oleh para pelatih pribadi untuk memastikan teknik yang tepat.

 

“Para wanita yang minum susu hampir tidak mendapatkan penambahan berat badan karena apa yang mereka peroleh diimbangi dengan latihan untuk mengikis lemak,” kata Phillips.

 

“Berdasarkan penelitian tersebut, data kami menunjukkan bahwa hal-hal sederhana seperti olahraga angkat besi serta mengonsumsi dua gelas susu sesudahnya secara substansial ternyata dapat memperbaiki komposisi tubuh,” tutupnya.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini