nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Etika Gunakan Produk Perawatan Rambut

Dwi Indah Nurcahyani, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2011 17:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 03 31 195 441033 m9r5Ccotll.jpg Wanita mandi keramas (Foto: Corbis)

MESKI di dalam kamar mandi sekalipun, etika pun perlu diberlakukan terutama soal pemakaian perlengkapan mandi. Bukan sekadar menghindari keborosan, tapi juga membuat perangkat tubuh tetap terjaga keindahannya.

 

Nah, apa saja yang wajib diperhatikan? Ini dia ulasannya seperti ditulis Times of India.  

 

Keramas

 

Pria sangat menyukai bau rambut setelah Anda selesai keramas. Meski demikian, tak berarti hal tersebut menjadi alasan bagi Anda untuk melakukan keramas setiap hari. Alih-alih membuat rambut sehat yang terjadi justru kekeringan dan kerontokan pada rambut. Kesalahan umum lainnya adalah Anda tidak menggunakan sampo dan sekadar membasahinya semata. Hal terbaik yang perlu Anda lakukan saat keramas adalah menggunakan sampo minimal satu sampai dua kali dalam sepekan.

 

Kondisioner

 

Rambut Anda terasa kusam? Mungkin masalahnya karena Anda tidak pernah menggunakan kondisioner setelah keramas. Untuk membuat rambut lebih lembut dan bernyawa, maka jangan lupa untuk menggunakan kondisioner minimal dua sendok teh pada rambut Anda. Penggunaan kondisioner yang terlalu banyak akan menyebabkan penyebaran kondisoner menjadi tidak merata. Menggunakan kondisioner terbaik adalah memulaskannya secara merata dari akar rambut dan kulit kepala, kemudian pijatlah sebentar agar kepala terasa rileks dan gangguan rambut seperti rasa gatal dan minyak pun terhindarkan.

 

Hair spray

Hair spray biasanya mengandung alkohol dan polimer. Beberapa jenis alkohol pada hair spray memang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Tetapi semprotan rambut yang mengandung etanol perlu dihindari karena bisa merusak rambut. Penyemrotan yang berlebihan hanya akan mencerabut  kilau rambut Anda. Selain itu, menggunakan hair spray lebih dari sekali dalam sehari dapat menyebabkan akar dan kulit kepala mengalami pengelupasan karena sengat panas yang dialirkan. Karenanya, berhati-hatilah menyemprotkan hair spray ke rambut Anda. Jarak aman yang disarankan kurang lebih 10 inci dari rambut dan tangan yang memegang spray tersebut.

 

Gel rambut

 

Menggunakan gel rambut terlalu banyak dan sering akan mengurangi kilap pada rambut dan membuatnya rapuh. Gel rambut sebenarnya hanya bekerja pada permukaan saja. Inilah yang kemudian mengancam risiko kebotakan. Penggunaan gel yang berlebihan pun hanya membuat rambut Anda menjadi kusam dan kusut.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini