MRCCC Siloam Hospitals Adakan Promo Screening Kanker

Fitri Yulianti, Jurnalis · Kamis 07 April 2011 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 07 195 443645 OKuTPzw8KR.jpg (Foto: gettyimages)

GERAKAN deteksi dini dan pengobatan kanker menjadi tanggung jawab banyak pihak. MRCCC Siloam Hospitals, sebagai bagian yang berpartisipasi, mengadakan "Program MRCCC Peduli Deteksi Dini Kanker".

Untuk deteksi kanker serviks, ada dua promo yang ditawarkan MRCCC Siloam Hospitals, yakni promo Vaksin Ca Cerviks untuk wanita usia di atas 10 tahun hingga belum menikah yang meliputi vaksin dan tiga kali suntik vaksin serviks phase 1,27 oleh obgyn dan promo Pap Smear yang meliputi konsul dengan obgyn dan lab pap smear. Promo Vaksin Ca Cerviks tersedia dengan harga Rp1,368 juta dan promo pap smear seharga Rp88 ribu.

"Kami juga memberikan harga promo untuk deteksi kanker payudara; USG mammae seharga Rp88 ribu untuk wanita usia di bawah 35 tahun, Digital Mammography seharga Rp88 ribu untuk wanita usia kurang hingga sama dengan 35 tahun, dan USG plus Mammography seharga Rp138 ribu," papar Hanny Moniaga, CEO MRCCC Siloam Hospitals pada seminar “Recent Management of Cancer in Men & Women” di MRCCC Siloam Hospitals, Jakarta, Kamis (7/4/2011).

Hanny menjelaskan, ada pula promo deteksi dini kanker hati seharga Rp975 ribu serta deteksi kanker kolorektal Rp230 ribu untuk CA colorectal 1 dan Rp1,589 untuk colorectal lanjutan. Promo akan berlangsung hingga Juni 2011.

Pap smear wajib untuk wanita yang telah kontak seks

Pap smear adalah cara deteksi dini kanker leher rahim (serviks). Metode ini dicetuskan oleh Georgios Nicholas Papanikolaou. Pap Smear merupakan suatu tes yang aman, murah, dan telah dipakai bertahun-tahun untuk mendeteksi dini kanker leher rahim.

Di Indonesia, berdasarkan data yang dikeluarkan Depkes pada 2007, pasien kanker leher rahim mencapai 8.000 orang dan setiap jamnya 1 pasien meninggal dunia.

Di negara-negara maju, menurut data Wikipedia, pap smear terbukti dapat menurunkan angka kejadian kanker leher rahim invasif sebesar 46-76 persen dan menurunkan tingkat kematian hingga 50-60 persen.

Semua wanita yang telah melakukan kontak seks direkomendasikan untuk pap smear. Peranan pemeriksaan ini sangatlah penting karena kanker leher rahim pada stadium awal tidak memberikan gejala apapun. Kanker leher rahim yang terdeteksi pada stadium dini dapat disembuhkan secara total.

Datanglah ke dokter kandungan (obgyn) dan lakukan konsultasi agar dapat diketahui riwayat kesehatan dan tindakan yang tepat sebelum pap smear.

Persiapan sebelum pap smear

- Tidak berhubungan seks 48 jam sebelum pemeriksaan

- Jangan melakukan pap smear pada saat menstruasi

- Jangan menggunakan pembasuh antiseptik atau sabun antiseptik di sekitar Miss V selama 48 sebelum pengambilan lendir.

Proses pap smear

Dengan bantuan alat untuk membuka liang Miss V dan dengan tangkai pengusap (spatula), obgyn akan mengambil atau mengusap sekeliling leher rahim untuk mengambil lendir yang ada.

Kemudian, lendir tersebut akan dioleskan pada gelas objek, difiksasi dengan cairan khusus, diwarnai, lalu dilihat di bawah mikroskop di laboratorium.

Pap smear tidak menimbulkan rasa sakit, hanya sedikit rasa tidak nyaman. Proses pemeriksaan memerlukan waktu dan hasil baru bisa diperoleh setelah 1-3 hari.

Hasil pap smear dapat berupa:

1. Negatif, artinya tidak ditemukan sel-sel yang berbahaya.

2. Displasia, artinya ditemukan sel yang menunjukkan perubahan sifat, yang dapat mengarah ke keganasan, diperlukan pemeriksaan kalpaskopi dan biopsi untuk dikonfirmasi secara pasti.

3. Positif, artinya ditemukan sel ganas. Harus dilakukan pemeriksaan kalpaskopi dan biopsi untuk menegaskan diagnosa.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini