nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Laskary Andaly, Putri Kopi Indonesia 2011

Lastri Marselina, Jurnalis · Selasa 19 April 2011 01:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 04 19 29 447514 9ukJLdh5T5.jpg Laskary Andaly Metal Bitticaca (Foto: Lastri/Okezone)

Setelah melalui tiga tahap seleksi, Laskary Andaly Metal Bitticaca akhirnya dinobatkan sebagai Putri Kopi Indonesia 2011, yang diselenggarakan di Hotel Mulia, Jakarta, Senin (18/4/2011) malam.

Peserta asal Sulawesi Selatan ini meninggalkan Ketut Niken Aprilia dari Bali sebagai Runner Up 1, dan Khairun Nisa dari Nangroe Aceh Darussalam sebagai Runner Up 2. Laskary nantinya akan mewakili Indonesia dalam ajang World Queen Of Coffee 2011, yang telah berlangsung selama 41 tahun di Kolumbia.

Laskary menjuarai ajang ini setelah berhasil menjawab pertanyaan juri, Triesna Jero Wacik. "Ada anggapan kopi dapat mengurangi stres, bagaimana pendapat Anda?" Dengan lantang dia pun membenarkan. "Benar, karena kopi mengandung kafein yang berfungsi sebagai antidepresan," jawabnya.

Sementara Niken oleh juri, Rudy J Pesik dimintai pendapatnya soal waralaba gerai kopi di Indonesia. Niken menjelaskan, bahwa waralaba gerai kopi di Indonesia belum berkembang karena kalah bersaing dengan gerai kopi luar negeri.

“Jika saya terpilih saya akan mengembangkan waralaba gerai kopi Indonesia," kata Niken.

Menurut Ketua Dewan Juri, Sapta Nirwandar, sejak awal kedatangan pada 14 April lalu hingga masa karantina, ke-31 finalis telah membuat para juri tercengang karena pengetahuan mereka tentang hal umum dan juga kopi.

"Ajang ini pada dasarnya lebih kepada meningkatkan taraf hidup petani. Kelak, kami berharap ajang ini mampu menjadi sarana untuk mempromosikan aneka produk unggulan Indonesia serta menjadi daya tarik pariwisata kita ke seluruh dunia, karena kita tahu daya tarik wisata tidak hanya melalui alam maupun budayanya tapi juga pada bidang kulinernya, dalam segi minuman, termasuk di dalamnya minuman kopi," papar Direktorat Jenderal Pemasaran Kemenbudpar ini.

Juri lainnya Rudy J Pesik juga mengaku bangga dengan para finalis yang nantinya diharapkan membantu citra kopi Indonesia di tingkat dunia.

"Senang sekali rasanya. Untuk persiapan ke Kolumbia saya akan memperdalam bahasa Inggris, memperbaiki cara jalan dan memperdalam pengetahuan saya akan kopi Indonesia. Memang agak sempit waktunya, namun saya yakin saya mampu," terang Putri Kopi Indonesia 2011 itu.

Putri Kopi Indonesia 2011 berhak atas hadiah uang tunai Rp25 juta dan tiket Jakarta-Bangkok serta produk dari berbagai sponsor. Sementara Runner Up Putri Kopi Indonesia 2011 mendapatkan hadiah uang tunai Rp15 juta dan produk dari berbagai sponsor, serta Juara 3 Putri Indonesia 2011 berhak atas uang tunai Rp10 juta dan produk dari berbagai sponsor.

Selain itu, sejumlah atribut juga dinobatkan bagi putri terpilih, yakni Putri Berbakat yang dimenangkan oleh Nurul Jamilah dari Sumatera Selatan, Putri Intelegensia oleh Vivi Anggraini dari Nanggroe Aceh Darussalam, Putri Kepribadian Stella Florensia dari Jawa Tengah, Putri Persabahatan oleh Dayana Capistran Burtecelli dari Sulawesi Selatan, dan Putri Favorit oleh Miranti Hikmayudi dari DKI Jakarta. (ded)

(nsa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini