nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bahan Kimia Sebabkan Wanita Menopause Dini

Chaerunnisa, Jurnalis · Kamis 21 April 2011 13:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 04 21 195 448540 sPzK2pEDJN.jpg Bahan kimia sebabkan wanita menopause dini. (Foto: Getty Images)

HIDUP di era modern seperti saat ini memang tidak bisa lepas dari unsur-unsur kimia. Hampir setiap hari Anda memakai atau terpapar bahan kimiawi. Dengan kondisi itu Anda harus mewaspadainya, sebab berbagai bahan kimiawi bisa menyebabkan menopause dini bagi kaum wanita.

Para ilmuwan mengatakan bahwa unsur-unsur kimia yang terdapat dalam berbagai produk yang berada di sekitar kita atau digunakan sehari-hari mulai dari furnitur, pakaian, mainan, panci di dapur semua memiliki senyawa kimia yang bisa terpapar ke dalam tubuh melalui udara, air, dan tanaman.

Perfluorokarbon (PFC) yang digunakan dalam barang-barang rumah tangga begitu banyak ditemukan di minuman dan makanan, bahkan di udara dalam rumah. Demikian berdasarkan penemuan terbaru yang disitat dari Genius Beauty, Kamis (21/4/2011).

Jika unsur PFC dalam tubuh manusia meningkat, maka bahan kimia itu akan mulai memberi masalah kesehatan seperti disfungsi sistem kekebalan tubuh, kanker tiroid, dan penyakit jantung.

Produsen mengklaim bahwa unsur kimia yang terkandung dalam PFC benar-benar aman, tapi sebuah studi baru mengatakan ada alasan untuk menyangkal pernyataan tersebut dan mulai mencari bahan alami untuk digunakan, selain perfluorokarbon.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menyimpulkan bahwa paparan PFC yang tinggi mengarah ke akumulasi dalam tubuh dikaitkan dengan tingkat estrogen yang lebih rendah.

Hasil penelitian terhadap 26.000 perempuan telah menemukan bahwa mereka yang memiliki level tinggi PFC lebih cenderung melewati perubahan hidup sebelum waktunya, yang paling mengarah pada menopause dini.

Peneliti menemukan level PFC lebih tinggi dikaitkan dengan kenaikan aneh pada wanita yang mengalami menopause dalam usia 42 hingga 64 tahun.

(nsa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini