nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jamu Kesuburan Martha Tilaar Berawal Kisah Pribadi

Fitri Yulianti, Jurnalis · Sabtu 23 April 2011 10:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2011 04 21 29 448695 luzgYQRhv0.jpg Martha Tilaar (Foto: Tuty Ocktaviany/okezone)

HERBAL merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia yang dimanfaatkan pada banyak olahan, jamu salah satunya. Pakar kecantikan Martha Tilaar merasakan benar khasiat jamu untuk kesuburannya.

Martha Tilaar, Chairwoman & Founder Martha Tilaar Group, menikah pada 1981. Selama pernikahan 16 tahun, Martha tak jua dikarunia keturunan. Padahal, segala pengobatan kesuburan sudah dijalankan. Bahkan akhirnya, ia dinyatakan mandul alias tidak bisa punya anak.

Beruntung, Tuhan memberikan jalan pertolongan. Nenek Martha menawarkan diri untuk merawatnya dengan ramuan tradisional supaya Martha bisa hamil.

“Neneknya ibu (Martha Tilaar)—sudah almarhum—menawarkan, ‘mau enggak kamu saya rawat dengan resep tradisional?’. Selama enam bulan ibu dirawat, sampai suatu hari menyadari sudah tidak dapat haid. Ibu senang bukan main,” tutur  Wulan Tilaar, Deputy General Manager PT Martha Beauty Gallery kepada okezone di sela menerima kunjungan dari Women's International Club (WIC) di Pulogadung, Jakarta Utara, Kamis (21/4/2011).

“Datang ke dokter, tapi dokter waktu itu bilang, ‘Maaf, Ibu jangan senang dulu, mungkin ini tanda premenopause karena usia ibu sudah 40 tahun. Tunggu saja 100 hari, apakah detak jantung bayinya ada’. Tiga bulan kemudian ibu kembali, dan ternyata ada. Itu detak jantung saya,” imbuhnya bercerita.

Wulan menuturkan, sang buyut memang sangat njawani meski bukan keturunan Jawa. Tinggal di Gombong, Jawa Tengah, sang buyut terbiasa memakai kain dan konde juga memasak nasi liwet setiap harinya.

“Buyutku sebenarnya keturunan Chinese. Karena tinggal di Jawa, dia jadi lebih Jawa dari orang Jawa. Kebiasaan ini akhirnya diturunkan ke ibu dan saya,” ujarnya seraya mengatakan sang buyut meninggal di usia 106 tahun.

Terinspirasi dari kisah sukses dianugerahi anak, Martha Tilaar pun membuat jamu kesuburan, Jamu Wulandari.

“Jamu Wulandari untuk pasangan yang susah punya anak. Banyak success story dengan jamu ini. Tahun lalu, pas saya lagi makan, saya ketemu seorang perempuan yang cerita bahwa temannya minum jamu Wulandari, bisa hamil. Dia merekomendasikan jamu itu ketiga teman, semuanya bisa hamil,” katanya, terharu.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini