Danau Paniai, Keindahan Lain Provinsi Papua

Pasha Ernowo, Jurnalis · Senin 23 Mei 2011 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 23 407 459995 yjgo811R2g.jpg Danau Paniai (foto: achidaiichi.blogspot)

BERKUNJUNG ke Provinsi Papua jangan hanya menyambangi raja ampat, di sana masih banyak terdapat tempat yang memiliki pesona yang indah.

Salah satunya adalah Danau Paniai yang memiliki panorama alam yang rancak (indah), alami. Pada awalnya, Danau Paniai beserta Danau Tigi dan Danau Tage dinamakan Wissel Meeren.

Penamaan ini dinisbatkan kepada orang yang pertama kali menemukan ketiga danau cantik tersebut pada tahun 1938, yaitu seorang pilot berkebangsaan Belanda bernama Wissel.

Istimewa, eksotis, dan memesona. Demikian kira-kira kesan wisatawan ketika berada di Danau Paniai. Kesan itu bukanlah isapan jempol belaka. Sebab, danau eksotis ini menyuguhkan panorama alam yang rancak, air danau yang biru, dan suasana sekitar nan asri kepada setiap wisatawan yang berkunjung ke sana.

Di kawasan ini tersedia berbagai fasilitas, seperti pos jaga, pemandu wisata, dan pondok wisata. Persewaan perahu, persewaan peralatan memancing, dan warung-warung kecil juga tersedia di sini.

Wisatawan yang ingin menginap, dapat menyewa rumah-rumah penduduk yang terdapat di sekitar danau eksotis ini atau berkemah di berbagai lokasi di kawasan tersebut.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Danau Paniai, dapat memulai perjalanan dari Kota Enarotali, Ibu Kota Kabupaten Paniai. Dari Kota Enarotali, tersedia dua jalur menuju kawasan Danau Paniai.

Pertama, menggunakan jalur darat dengan menyewa bus jenis Mitsubishi Strada yang dapat diandalkan untuk melintasi medan jalan yang terjal dan berkelok-kelok.

Kedua, mengambil jalur udara dengan menumpang pesawat AMA dan AMAF jenis Cessna yang bisa mendarat di wilayah dataran tinggi dengan karakteristik landasan dari tanah.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini