nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Biyan & Almarhum Prayudi Juga Raih Fashion Icon Award 2011

Tuty Ocktaviany, Jurnalis · Rabu 25 Mei 2011 15:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 05 25 29 460932 ERxsxIhFsG.jpg Biyan Wanaatmadja (Foto: Yudi/HighEnd)

SELAIN Ramli, siapa lagi desainer yang akan menerima penghargaan Fashion Icon di ajang Jakarta Fashion & Food Festival 2011 malam ini. Ini dia bocoran dari Ramli.  

“Selain saya, desainer yang terima Fashion Icon Award di perhelatan JFFF 2011 adalah Biyan Wanaatmadja dan almarhum Prayudi,” kata Ramli yang dihubungi okezone melalui telepon seluluernya, baru-baru ini.

 

Terkait dirinya terpilih mendapatkan penghargaan tersebut, Ramli pun mengaku senang.

 

“Alhamdulillah saya mendapatkan penghargaan Fashion Icon di ajang JFFF. Ternyata, upaya saya memopulerkan bordir tidak sia-sia,” kata Ramli.

 

Ramli mengaku pertama kali memperkenalkan bordir untuk pemanis busana tahun 1970-an. Saat itu, busana dengan detail bordir tidak banyak, kecuali untuk busana resmi macam kebaya dan kostum penari.

 

“Sekarang bordir bisa ditemukan di mana-mana, baik busana kerja, busana pesta, dan lain-lain,” tambahnya.

 

Ramli pun berharap, semoga penghargaan ini bisa makin memberikan ruang bagi para pengrajin bordir lebih dikenal dan diberdayakan untuk memajukan fesyen di Tanah Air.

 

“Dengan penghargaan ini, maka desainer yang akan memanfaatkan jasa para pengrajin bordir makin banyak. Kalau sekarang sudah banyak, nanti makin banyak,” tutup desainer yang sudah berkarier di bidang rancang busana selama 35 tahun ini.

 

Dihubungi secara terpisah, salah satu juri Fashion Icon Award 2011, Taruna K Kusmayadi mengatakan kriteria desainer pilihan tersebut secara singkat.

 

“Penghargaan itu untuk pencetus konsep ready-to- wear di Indonesia, insan mode yang berjasa menghidupkan kembali bordir, dan perancang yang sukses mengembangkan brand ready-to-wear,” jelas desainer yang kerap disapa Nuna ini.

 

Sebelumnya penghargaan Fashion Icon pernah digelar empat kali di ajang JFFF. Tahun 2006 ada tiga ikon yang terpilih, yakni Iwan Tirta, Peter Sie, dan Okky Asokawaty. Setahun kemudian terpilih Pia Alisyahbana, Ali Sadikin, dan Susan Budiardjo.

Kemudian 2008 ada Poppy Dharsono, Edward Hutabarat, dan Krisdayanti. Selanjutnya tahun 2009, JFFF memberikan penghargaan kepada Rudy Hadisuwarno, Martha Tilaar, dan Santosa Doellah. Untuk Fashion Icon Awards 2010 diraih Josephine Komara atau Obin, Ninuk Mardiana Pambudi, dan Christine Barki.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini