"Pariwisata di Dieng Masih Aman & Kondusif"

Syukri Rahmatullah, Jurnalis · Senin 30 Mei 2011 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 30 407 462506 o714jvjqGC.jpg Candi Dieng (foto: gogowalk.com)

JAKARTA- Status Gunung Dieng meningkat menjadi siaga, masyarakat yang tinggal di sekitar Dieng pun mulai dievakuasi. Lalu bagaimana dengan pariwisata di sekitar Dieng?

“Hasil koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulana Becana (BNPB) dan Pusat

Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), pariwisata Dieng masih aman dan kondusif,” ungkap pengelola wisata Telaga warna dan Dieng Plateau Teater, Wignyo, saat berbincang dengan Okezone melalui ponsel, Senin (30/5/2011).

 

Wignyo mengungkapkan, di kawasan Gunung Dieng terdapat 9 kawah. Pusat gempa berada di Kawah Timbang, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Menurut PVMBG, lokasi yang tidak aman berada sekitar 1.000 meter atau 1 kilometer dari lokasi.

Sedangkan lokasi wisata seperti Telaga Warna, Komplek Candi, Kawah Sikidang, Dieng Plateau Teater, Telaga Cebong, dll berada sekitar 18 kilometer dari lokasi. “Radius 1 kilometer (dari Kawah Timbang) tidak boleh dilalui. Sementara obyek wisata 18 kilometer, jadi sangat aman,” katanya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Wignyo mengungkapkan wisatawan lokal dan mancanegara tidak berkurang dengan adanya kejadian ini. Bahkan, pada tahun ini jumlah pengunjung terus mengalami peningkatan.

“Biasanya 1.000-2.000 pengunjung. Sabtu-Minggu bisa lebih banyak,” tutupnya.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini