Keunikan Batu Koral

SINDO, Jurnalis · Senin 04 Juli 2011 17:49 WIB
https: img.okezone.com content 2011 07 04 30 475805 Msjstf2HHN.jpg Keunikan batu koral. (Foto: Getty Images)

BATU koral biasa diaplikasikan untuk menambah estetika taman. Agar enak dipandang, batu koral bisa dipadu dengan rumput nan hijau.  

Menghadirkan taman dalam sebuah hunian sudah menjadi keharusan. Menciptakan taman yang sedap dipandang mata tidak sesulit yang dibayangkan. Penggunaan elemen batu koral bisa menciptakan keeksotikan tersendiri di taman rumah.

Pengaplikasian elemen keras (hardscape) dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk si kebun mini alias taman. Selain fungsinya untuk mempercantik taman, unsur hardscape juga bisa dijadikan penyeimbang dengan material lunak, seperti tanah dan beberapa tanaman hias.

“Penggunaan batu koral bisa dijadikan pilihan untuk memberi sentuhan estetika. Selain menghadirkan bentuk dan warna yang menonjol, batu koral juga dapat dijadikan aksen penegas pada tampilan taman,” kata arsitek lanskap Herline Untari.

Seperti yang kita tahu, batu berasal dari lapisan luar padat bumi atau litosfer. Namun, batu koral memiliki bentuk dan warna yang unik sehingga dapat diaplikasikan sebagai elemen penghias taman rumah Anda.

“Koral merupakan jenis batu yang dihasilkan oleh alam dengan cara ditambang dari pesisir pantai. Oleh karena itu, terkadang jenis dan nama batu koral disesuaikan dengan daerah penambangannya,” ujar Herline.

Kupang, Papua, Alor, Ambon, Lampung, dan Bengkulu adalah daerah penghasil batu koral terbaik di Indonesia. Ukuran si batu cantik itu pun bervariasi dan biasanya berkisar antara satu sampai lima sentimeter. Varian warnanya juga tidak kalah memesona, seperti putih, merah hati, hijau, dan hitam.

Semua tinggal kembali kepada Anda yang memilih, warna apa yang tepat untuk melapisi taman rumah Anda. Jika Anda mulai tertarik dengan penggunaan batu koral, sebaiknya ketahui jenisnya terlebih dahulu. Pilihlah jenis batu koral yang memiliki bentuk bulat, seperti jenis batu koral kupang.

Warna putih dan abu-abu bakal menciptakan kesan alami taman Anda. Selain di taman, batu koral jenis kupang juga bisa dijadikan pemanis hiasan di kamar mandi Anda.

“Jenis batu koral pancawarna, merah hati atau merah bali,bisa digunakan untuk menambah estetika ruangan, sebagai aksen untuk pembagian ruang,” kata Herline.

Jenis koral sikat banyak sekali kita jumpai.Selain karena harganya yang lebih murah, koral sikat juga lebih mudah dibentuk dengan berbagai macam pola. Biasanya koral sikat digunakan sebagai elemen penghias teras dan carport, untuk batu pijakan yang umumnya dibentuk melingkar ataupun persegi.

Bila Anda menerapkan batu koral ini sebagai penghias taman,maka Anda harus memerhatikan penempatannya. Selain sebagai penegas aksen taman, batu alam ini juga memiliki keunggulan lain, yaitu sebagai sumber resapan air yang baik. Cobalah letakkan batu koral di bawah tetesan air dari atap.

Hal ini bisa memberikan dua manfaat. Selain sebagai media resapan air yang baik, juga bisa menghindari cipratan air ke tembok yang ada di sekitarnya. Di samping bermanfaat untuk taman, batu koral juga dapat diaplikasikan dengan baik sebagai lantai. Anda dapat mendesainnya ke dalam polapola tertentu yang sesuai dengan keinginan, seperti bentuk bunga, binatang, ataupun bentuk-bentuk geometris lain.

“Jika ingin mengaplikasikan koral ke dalam berbagai bentuk, sebaiknya dipasang dengan menggunakan campuran pasir, air, dan semen,” saran Herline.

Agar tampilan koral Anda selaras dengan taman yang digunakan, diperlukan perhatian khusus dalam menata batu koral sehingga tercipta kesan harmonis dan ada gradasi di antara elemen pembentuk area taman.

Batu koral dapat disusun sedemikian rupa agar taman Anda bisa terlihat lebih menarik. Anda juga harus memperhitungkan jenis batu koral yang akan dipasang untuk menambah bagian eksterior Anda. Jika batu koral terkena intensitas cahaya matahari dan hujan secara terus-menerus, maka bakal terlihat kusam, bahkan berlumut.

“Batu koral membutuhkan perawatan yang baik. Jika batu koral mulai kusam dan berlumut, maka Anda bisa melapisi permukaan batu koral menggunakan stone coating. Dengan begitu, batu koral akan lebih tahan lama,” ujar Herline.

Batu koral tidak hanya bisa ditampilkan tunggal, tapi bisa juga dipadukan dengan beberapa elemen ataupun material lain.

Ambil contoh lampu sorot, bisa dijadikan pelengkap untuk memunculkan keindahan pada batu koral Anda. Selain itu, batu koral juga bisa diaplikasikan untuk memperindah waterwall hunian Anda.

(nsa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini