nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ladies, Kenali Serba-serbi Menstruasi

Dwi Indah Nurcahyani, Jurnalis · Selasa 02 Agustus 2011 16:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 08 02 195 487287 ZNmuenvn0I.jpg Saat menstruasi (Foto: Corbis)

MENSTRUASI merupakan siklus bulanan yang dialami wanita. Biasanya, tak jarang kehadirannya dibarengi dengan nyeri yang menyakitkan. Yuk, kenali serba-serbi menstruasi!

Meski kehadirannya bulanan, namun menstruasi yang sering dibarengi dengan nyeri selalu menyerang wanita. Hal ini dikarenakan adanya penumpahan lapisan rahim setiap bulan dan akan dialami wanita dalam sebagian besar hidupnya.  

Dengan keadaan tersebut, biasanya wanita  menjadi tidak nyaman. Meski demikian ini adalah tanda bahwa sistem reproduksi Anda bekerja dengan sempurna dan merupakan tanda kesehatan yang baik.

 

Walau semua wanita mengalaminya, tidak semua orang memiliki periode dan durasi yang sama satu sama lain. Ada yang mengalaminya sekitar tiga hari, lima hari hingga seminggu. Gejala yang mereka alami menjelang menstruasi pun sedianya berbeda satu sama lain. Ada yang ringan dan juga berat. Ini ulasan secara umum, seperti dibeberkan Times of India untuk Anda.

 

Premenstrual Syndrom (PMS)

 

Hal ini mengacu pada serangkaian gejala bahwa wanita mengalaminya sebelum periode menstruasi terjadi. Biasanya ditandai dengan keinginan makan, sakit kepala, dan “mood” yang tidak seimbang (naik turun). Cara terbaik untuk menghindarinya adalah menjalankan diet seimbang dengan memakan sayuran dan buah-buahan. Cobalah untuk mengurangi asupan garam sehingga membuat tubuh dapat menahan air dan membuatnya tidak kembung.

 

Menstruasi yang menyakitkan (Dysmenorrhea)

 

Hal ini akan mengacu pada sebuah kondisi yang ditandai dengan kram parah di daerah abdomin, nyeri punggung bawah, mual, muntah, dan kelelahan. Kemungkinan besar hal ini dikarenakan bahan kimia yang dihasilkan tubuh membuat otot-otot rahim berkontraksi. Biasanya kram akan bertahan beberapa hari. Cara untuk mengatasinya adalah melakukan latihan ringan. Rendam tubuh Anda dalam air hangat atau mengompres perut dengan botol yang diisi air hangat untuk melenturkan otot.

 

Siklus tidak teratur (Amenorrhea)

 

Tidak adanya keteraturan dalam siklus biasanya dikarenakan olahraga berlebihan atau kelainan genetik atau fisik. Ada sekira 5-25 persen wanita yang berprofesi sebagai atlet dan bekerja keras membuat periode menstruasi mereka berhenti. Disebut amenore karena fenomena ini sangat umum di kalangan penari balet dan pelari.

 

Siklus tinggi (Menorrhagia)

 

Periode ini dikarenakan ketikdaseimbangan hormon. Ketika ada pendarahan berlebihan seorang wanita akan kehilangan zat besi. Kondisi ini akan menyebabkan dia menjadi terserang anemia. Tanda-tanda anemia termasuk di dalamnya sesak nafas, kulit pucat luar biasa, dan kelelahan.

 

Pendarahan Miss V yang tidak biasa

 

Jika Anda mengalami pendarahan ketika siklus mensturasi terjadi, sebaiknya segera periksa lebih lanjut. Penyebabnya bisa dikarenakan adanya iritasi di daerah Miss V atau kanker. Kunjungi dokter sesegera mungkin untuk mengetahui lebih lanjut hal tersebut.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini