Brasil Rangkul Plus Size Fashion

SINDO, Jurnalis · Senin 08 Agustus 2011 09:25 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 08 29 489265 JfSxZvWtT4.jpg Brazil Fashion Weekend Plus Size (Foto: Google)

PASAR plus size fashion semakin memikat. Kini giliran Brasil yang merangkul pasar busana berukuran plus tersebut.

Menyusul Inggris dan New York yang melihat plus size fashion sebagai celah pasar nan menggiurkan, Brasil masuk sebagai pemain baru. Hal tersebut dikarenakan banyak konsumen Brasil yang menginginkan industri mode di negaranya menyediakan koleksi busana bagi mereka yang bertubuh plus.

”Terkadang, saat saya pergi ke mal yang punya ratusan toko fashion dan butik, saya tidak bisa menemukan baju sesuai ukuran saya. Itu hal yang sangat menyedihkan dan sangat mengganggu,” kata Renata Poskus Vaz, yang berprofesi sebagai jurnalis dan narablog mode mengenai plus-size fashion.

Pendapat Poskus Vaz juga didukung data statistik yang menyebutkan bahwa hampir setengah dari populasi Brasil memiliki bentuk tubuh berisi. Sayangnya, toko-toko fashion Brasil hampir seluruhnya hanya menyediakan koleksi busana bagi mereka yang bertubuh langsing dan mengabaikan mereka dengan postur tubuh berisi, yang juga punya keinginan tampil fashionable dengan gaya terbaru seperti yang kerap mereka lihat di event-event mode layaknya Sao Paulo Fashion Week ataupun Rio Fashion Week.

Tapi kini, hal tersebut mulai berubah. Para pelaku mode menyadari kekuatan pasar plus size yang semakin menggigit. Kini mereka dengan ukuran tubuh di atas 16 juga bisa menikmati beragam model jins, lingerie, juga evening wear yang disediakan butik.

Di luar itu,di Brasil juga banyak bermunculan blog-blog fashion yang khusus membahas mengenai plus size serta bagaimana cara menyiasatinya agar tetap terlihat sophisticated.

”Jika dulu perempuan-perempuan dengan ukuran plus harus pergi ke toko khusus atau memakai baju yang tidak fashionable, kini hal tersebut sudah berubah,” kata Poskus Vaz, yang juga memprakarsai perhelatan Brazil Fashion Weekend Plus Size.

Dalam acara tersebut, hadir 10 brand lokal Brasil yang memfokuskan diri merancang koleksi berukuran plus, tentu saja mengacu pada tren gaya yang tengah berlangsung, seperti halnya Sao Paulo Fashion Week.

”Mereka yang memiliki tubuh berisi ataupun yang berukuran plus juga punya hak untuk terlihat menarik,” ujar Iveraldo Junior, Direktur Marketing Exuberante, salah satu label yang menggarap plus size fashion.

”Kami menyediakan koleksi yang tidak hanya ramah dari segi ukuran, tapi juga tetap sejalan dengan tren mode yang berlaku, tanpa meninggalkan sentuhan latin khas Brasil,” tambahnya.

Desainer dan pelaku mode menggarap koleksi bagi wanita bertubuh plus memang tengah menjadi tren di industri fashion.

Plus size tampak menjadi perhatian sekaligus celah anyar untuk digarap para pelaku mode. Ini dibuktikan dengan semakin banyaknya pelaku mode menggarap pasar plus size sekaligus menampilkan model berukuran tubuh plus di atas catwalk.

Sebut saja Plus Size Catwalk yang menampilkan koleksi busana berukuran di atas 10, yang merupakan bagian dari New York Fashion Week atau Marc Jacobs yang berencana merilis koleksi busana istimewa yang diperuntukkan bagi konsumen bertubuh XL. Adapun data yang dikumpulkan analis mode Amerikadan Inggris menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang cukup tinggi akan permintaan busana wanita berukuran plus.

Amerika menyebutkan, setidaknya 62 persen perempuan Amerika memiliki ukuran tubuh plus dan Inggris mengakui bahwa terdapat peningkatan permintaan untuk plus-size fashion sebanyak 45 persen selama lima tahun terakhir. Sayangnya, permintaan tersebut belum direspons terlalu baik oleh para pelaku mode.

Saat ini, kebanyakan desainer hanya menyediakan koleksi hingga ukuran 14 dan 16 dan membiarkan peritel dan perusahaan garmen menangani sisanya. Mintel, perusahaan yang melakukan analisis mode di pasar Inggris menyebutkan, dalam lima tahun terakhir pasar busana berukuran plus telah meningkat sebanyak 45 persen dengan estimasi angka penjualan sebesar 3,8 miliar poundsterling pada 2010.

Hal itu tentu menjadi celah pasar yang cukup menggiurkan, mengingat pasar lini busana wanita secara keseluruhan hanya meningkat sebesar 15 persen. Tidak hanya untuk wanita, peningkatan tersebut juga terjadi di pasar plus-size fashion untuk pria yang menunjukkan kenaikan penjualan sebanyak 6 persen dengan total penjualan senilai 1,8 miliar pounds.

(nsa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini