Kaftan Berjaya di Ramadan

Fitri Yulianti, Jurnalis · Jum'at 12 Agustus 2011 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 12 29 491538 vEDtrIIiiA.jpg (Foto: Fitri Yulianti/Okezone)

KAFTAN selalu mendominasi busana Lebaran di setiap tahun. Mengapa potongan ini yang banyak dipilih?

Sebanyak 12 brand yang berada di Plaza Indonesia menawarkan alternatif menarik untuk busana Lebaran. Dari puluhan koleksi yang dipamerkan, kaftan menjadi primadona.

"Dari tahun ke tahun, busana Lebaran kami selalu kaftan. Ini tahun ketiga kami menghadirkan kaftan, mengapa? Karena potongan ini yang paling laku dijual," kata Susi Isfandiari, R&D Manager Batik Danar Hadi Solo usai peragaan busana Ramadhan Fashion & Culture Fair di La Moda Cafe, Plaza Indonesia, Jakarta, Jumat (12/8/2011).

Berdasarkan pengalaman Batik Danar Hadi, potongan selain kaftan, seperti tunik dan baju kurung, kurang diminati konsumen. Kelebihan kaftan dibanding potongan lain adalah tampilannya yang terlihat glamor, terutama dengan detail payet.

"Kaftan juga cocok untuk semua bentuk tubuh, kurus atau gemuk, tetap kelihatan bagus. Momennya juga pas dengan Lebaran yang nuansanya Timur Tengah," jelasnya.

"Belum lagi pertimbangan ekonomis di mana kaftan bisa dipakai dalam berbagai kesempatan, tak hanya saat Lebaran," tambahnya.

Untuk peragaan busana malam ini, Batik Danar Hadi sendiri mengusung delapan koleksi yang terbagi atas dua motif berbeda, yakni motif jejeg yang dirancang Ghea Pangabean dengan tampilan modern serta koleksi dewi ambar yang dirancang oleh Hutama Adhi dengan tampilan yang klasik.

Selain Batik Danar Hadi, empat brand turut memamerkan koleksi malam ini, yakni Henni Adli, Inne Collection, KLOOM clog-shop, dan TANGAN PERI Handpainted Silk & Glass. Koleksi busana yang tampil banyak menggunakan warna-warna cerah, seperti oranye, hijau, merah, cokelat, krem, biru, ungu, dan sebagainya menggunakan detail bordir, payet, dan lukisan tangan.

Pergelaran ini merupakan puncak dari rangkaian acara "Ramadhan Experiences" yang dihelat Plaza Indonesia pada 1-31 Agustus 2011. Selain hari ini yang menampilkan lima brand, pergelaran busana selanjutnya  akan dihelat pada 16 Agustus 2011 yang lebih ramai dengan tujuh brand. (rik)

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini