nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antibiotik Tidak Sembuhkan Sinusitis

SINDO, Jurnalis · Senin 15 Agustus 2011 15:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2011 08 15 195 492274 B9RY45BgdZ.jpg Antibiotik tidak sembuhkan sinusitis. (Foto: Getty Images)

BANYAK obat-obatan yang menawarkan kesembuhan bagi sinusitis. Namun, sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa antibiotik tak berpengaruh pada kesembuhan sinusitis.

Penelitian ini dilakukan oleh Ian G Williamson MD, dosen senior di University of Southampton, Inggris. Dia menyatakan bahwa antibiotik tak terlalu memiliki dampak besar dalam mengobati gangguan pada indera penciuman tersebut.

“Kebanyakan orang Amerika yang didiagnosis memiliki gangguan sinusitis, langsung berkonsultasi kepada dokter terdekat. Kemudian dokter tersebut menyarankan untuk mengonsumsi sejenis antibiotik untuk menyembuhkan penyakit yang sangat mengganggu ini. Namun ternyata, antibiotik tak berperan besar dalam proses penyembuhan sinusitis,” kata Williamson.

Justru kebanyakan antibiotik tersebut malah membuat efek samping lain. Williamson yakin bahwa jika ada efek yang dapat membantu penyembuhan itu tidak sertamerta dapat membantu kesembuhan orang yang menderita sinusitis.

“Kami mempelajari 240 pasien yang memiliki gejala gangguan sinus yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Namun ternyata, antibiotik tak mampu membunuh virus penyebab sinusitis tersebut,” ujarnya.

Dalam penelitiannya, Williamson memberikan antibiotik kepada sebagian sampelnya dan sebagian yang lain tidak mendapat antibiotik, namun hanya diberi placebo. Sepuluh hari kemudian, ternyata yang hanya meminum pil placebo mendapatkan kondisi yang sama baiknya dengan antibiotik. Namun yang membedakan, pil placebo tak memiliki efek samping seperti yang terdapat dalam antibiotik.

“Perlu diketahui bahwa kita juga perlu memperhatikan efek samping sekecil mungkin yang ditimbulkan dari pemakaian antibiotik selama pengobatan bagi sinusitis,” katanya.

Hal ini pun disepakati oleh ahli sinusitis asal Norwegia, Morten Lindbaeck MD PhD, Universitas Oslo. Lindbaeck mengatakan bahwa selama satu dekade yang lalu dia telah meneliti dan menemukan kesamaan dengan yang diteliti oleh Williamson.

“Efek kesembuhan yang diberikan antibiotik tidaklah besar,” kata Lindbaeck.

(nsa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini