Mandikan Gajah hingga Berenang dengan Penyu

Syukri Rahmatullah, Jurnalis · Senin 15 Agustus 2011 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 15 409 492242 nj9q3o14vw.jpg Berenang dengan Penyu (foto: CNNGO)

MENUNGGANGI gajah memang keren, tapi membantu mereka menjalani hidup juga keren. Itulah pemikiran di balik voluntourism, yaitu perjalanan wisata yang memungkinkan pelancong membantu binatang sepanjang jalan.

Di bawah ini adalah 8 cara agar para pecinta hewan dapat berkontribusi untuk kesejahteraan teman berbulu dan bersirip mereka di seluruh dunia:

Penelitian Koala di Australia

Di taman Taman Victoria’s Great Otway National Anda dapat melakukan penelitian yang berharga pada habitat Koala. Penelitian ini berkepentingan untuk memahami dampak perubahan iklim terhadap populasi dan perilaku mereka.

Ekspedisi dilakukan selama 10-hari dari kota Apollo Bay. Sukarelawan dapat bekerjasama dengan koala dan terlibat dalam semua aspek penelitian seperti menangkap dan menangani Koala di bawah pengawasan orang yang berpengalaman.

Selain itu juga melakukan pengamatan habitat hewan di malam hari baik melalui radio dan pengukuran pohon. Untuk wisata ini akan dikenakan USD3115 atau Rp26 juta. Biaya ini sudah termasuk akomodasi dan makan di lokasi.

Merehabilitasi Singa di Zimbabwe

Pada tahun 1975 lebih dari 200.000 singa berkeliaran di benua Afrika. Perkiraan pada tahun 2002 angka mereka menurun hingga antara 23.000 dan 39.000, menurun tajam selama 30 tahun terakhir.

Memiliki latar belakang yang megah Victoria Falls, proyek ini melibatkan pekerja dalam program rehabilitasi singa di sebuah cagar alam pribadi. Di sini Anda dapat berjalan dan bekerja dengan singa, mengekspos anaknya ke semak-semak Afrika saat mereka mengasah kemampuan alami mereka.

Anda juga akan terlibat dalam penelitian program perilaku dan polah singa di dunia dalam rangka pembebasan mereka ke alam liar. Selain itu juga membantu dengan konservasi di Taman Nasional Victoria Falls, serta pendidikan konservasi di sekolah dasar setempat.

Biaya program ini sebesar USD1,975 atau Rp16 juta selama dua pekan. Biaya ini sudah termasuk transfer dari Bandara ke Victoria Falls dan sebaliknya.

Merawat Penyu di Yunani

Ini adalah proyek sukarela selama 14 hari. Proyek ini berfokus membantu dalam pembangunan pusat rehabilitasi penyu baru di Pulau Zakynthos, laut pemantauan aktivitas bersarang penyu dan pantai bersih-bersih.

Penyu Laut Mediterania merupakan spesies yang terancam punah, dengan alasan tersebut mereka bersarang di pantai Gerakas, berdekatan dengan relawan akomodasi.

Selama 14 hari kerja sukarela tersebut sudah termasuk perjalanan ke Gunung Skopos, snorkeling, dan dua hari berlayar tur Laut Ionia. Anda akan memiliki pilihan untuk belajar dan berpartisipasi dalam berlayar kapal. Mungkin juga ada kesempatan untuk melihat dan berenang dengan kura-kura di alam liar.

Wisata ini membutuhkan biaya USD3,495 atau Rp29 juta. Biaya ini sudah termasuk akomodasi, makan, dan kegiatan yang direncanakan.

Melepas Kuda Przewalski di Mongolia

Kuda Przewalski atau disebut Takhi di Mongolia, adalah binatang kecil kokoh yang hampir punah diburu oleh suku-suku di Kazakhstan.

Program ini menerima sukarelawan untuk menginap minimal 10 hari, antara bulan Maret dan November di dalam Hustai Taman Nasional, sebelah barat ibu kota Mongolia, Ulaanbataar. Sebuah tempat khusus untuk mempersiapkan pelepasan Takhi kembali ke lingkungan alami mereka.

Relawan tinggal bersama orang Mongolia dan berpartisipasi dalam penelitian pelepasan Takhi dirilis. Yaitu berupa pengamatan anak kuda yang baru lahir, perilaku kuda dan lokasi mereka, serta satwa liar dan vegetasi di wilayah ini.

Wisata ini berbiaya USD85 atau Rp726 ribu per hari. Biasanya mereka menginap 10-21 hari. Biaya tersebut sudah termasuk akomodasi, dan transportasi dari dank e Ulaanbataar.

Mandikan Gajah di Thailand

The Elephant Nature Park in provinsi Chiang Mai, Thailand Utara telah berdiri sejak 1990-an untuk menyediakan pusat perlindungan dan penyelamatan gajah. Anda dapat membuat perbedaan untuk kehidupan mereka dengan menjadi relaman di Elephant Nature Park.

Di tempat ini ada beberapa program yang bisa dipilih, dari yang sudah populer antara 7-28 hari, program ini memungkinkan peserta untuk terlibat dalam kehidupan sehari-hari di dalam taman. Makan, memandikan binatang, dan belajar komunikasi gajah

Biaya program ini USD400 atau Rp3,4 juta. Biaya ini sudah termasuk akomodasi dan makan selama berada di sana.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini