nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas, Sikat Gigi Menyamping Sebabkan Erosi Gusi

Dwi Indah Nurcahyani, Jurnalis · Kamis 18 Agustus 2011 14:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2011 08 18 195 493439 ZYYnwfXx7l.jpg Rajin sikat gigi (Foto: Google)

APAKAH Anda sering merasakan gigi sensitif setelah menyikat gigi? Sebaiknya periksa kembali kebiasaan Anda menyikat gigi. Kemungkinan, cara Anda membersihkan gigi kurang tepat.
 

Meskipun menjadi bagian dari rutinitas yang dilakukan secara berulang-ulang, cara menyikat gigi yang dilakukan masyarakat masih tidak sempurna. Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan, yakni gerakan menyikat yang salah seperti gerakan menyamping. Padahal dengan gerakan yang tidak tepat justru membuat kerusakan pada gigi.

 

"Menyikat gigi dengan gerakan menyamping akan mengerosi gusi (dalam bahasa kedokteran disebut resesi gingiva)," ujar drg Andreas Gunawan selaku Medical Executive PT Kalbe Farma dalam obrolan dengan okezone di gedung PT Bintang Toedjoe, Pulomas, Jakarta, Rabu (18/8/2011).

 

Dipaparkan drg Andreas, dalam keadaan tersebut gusi bagian atas akan naik dan bagian bawah akan turun. Selain merusak gusi, efek ini pun juga mengganggu penampilan.

 

Secara jangka pendek, mungkin gejala ini tidak terlalu tampak. Namun ketika dilakukan secara berulang-ulang, maka akan membuahkan efek negatif pada gigi.

 

"Pada awalnya gigi yang semula tertutup gingiva lama-kelamaan jadi tidak terlindung lagi. Dan bagian gigi yang tertutup gingiva tersebut menjadi sensitif. Jadi dengan menyikat gigi menyamping akan menimbulkan resesi gingiva dan akhirnya menyebabkan masalah hipersensitivitas gigi," tukasnya.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini