nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Susu Kedelai Turunkan Hipertensi

SINDO, Jurnalis · Jum'at 26 Agustus 2011 12:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2011 08 26 195 496627 JpD0bBCCdL.jpg Susu kedelai (Foto: Google)

SUSU kedelai selain baik bagi mereka yang sedang berdiet, ternyata juga bermanfaat menurunkan tekanan hipertensi. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Tulane, Amerika Serikat, menemukan bahwa susu kedelai juga bermanfaat menurunkan tekanan darah seseorang. 
 

“Susu kedelai yang rendah lemak, amat baik bagi mereka yang memiliki gangguan tekanan darah yang tinggi. Studi yang kami lakukan adalah dengan mengganti konsumsi karbohidrat dengan protein yang didapat dari susu kedelai. Terbukti bahwa susu kedelai dapat membantu menurunkan tekanan darah,” ujar peneliti studi Jiang Dia MD PhD dari Universitas Tulane. 

 

Jiang Dia juga membandingkan kandungan protein lemak yang terdapat antara susu kedelai dan karbohidrat. Menurut dia, susu kedelai memiliki kandungan lemak yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan karbohidrat. “Kami membandingkan antara keduanya karena biasanya karbohidrat adalah supply makanan yang setiap harinya dikonsumsi oleh hampir semua orang. Ternyata lemak yang terkandung dalam susu kedelai sangat rendah dan bermanfaat bagi yang ingin berdiet dan penderita hipertensi,” ujar Jiang Dia. 

 

Di Amerika, konsumsi terhadap susu rendah lemak mulai digalakkan. Beberapa dokter yang memiliki pasien penderita hipertensi selalu disarankan agar mulai membiasakan dirinya mengonsumsi susu kedelai setiap hari. Demi upaya tersebut, Jiang Dia melibatkan 352 pasien yang memiliki tekanan darah sistolik berkisar 120-159 dan diastolik antara 80 sampai 95.

 

“Setiap peserta diberikan suplemen protein kedelai dan karbohidrat berbentuk cairan selama dua kali sehari selama delapan minggu. Setiap harinya mereka mengonsumsi 40 gram protein, sedangkan protein dalam bentuk bubuk karbohidrat diabaikan. Setelah delapan minggu ditemukan bahwa protein kedelai ternyata ampuh menurunkan tekanan darah karena dibantu juga oleh natrium, kalium, dan kalsium yang terdapat dalam susu kedelai,” sebutnya.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini