nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Liburan ke Bandung Saat Lebaran

Pasha Ernowo, Jurnalis · Selasa 30 Agustus 2011 11:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 08 26 407 496672 kLTgnURHZp.jpg Gedung Merdeka (foto: bandungtourism)

BERBAGAI tempat wisata di Kota Bandung menarik untuk dijelajahi, tak terkecuali saat Lebaran. Mulai dari wisata alam, bangunan bersejarah, tempat belanja, hingga kuliner dan jajanan khasnya yang beraneka ragam.

Tak heran bila kota yang dijuluki Paris Van Java ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling diminati para wisatawan baik domestik maupun manca negara saat berlibur. Bila Anda berlibur ke Kota Bandung, ada baiknya untuk mengikuti beberapa tips berikut :

Waktu tempuh

Karena waktu tempuh sekitar 5 sampai 6 jam perjalanan. Maka persiapkan diri Anda selama berada di dalam kendaraan dengan bekal minuman dan makanan ringan. Sesekali lakukan peregangan kecil agar otot badan Anda tidak tegang.

Penginapan

Pastikan untuk memesan tempat menginap jauh-jauh hari sebelum lebaran. Lakukan via online atau telepon terlebih dahulu untuk reservasi penginapan di hotel yang Anda inginkan. Sebab, berbagai tempat penginapan di Bandung pada musim libur lebaran pasti penuh.

Kehabisan kamar hotel

Jika terlanjur tak mendapatkan kamar untuk menginap di hotel, ada alternatif penginapan lain. Anda bisa mencoba menginap di beberapa rumah kos daerah Tubagus Ismail yang menyewakan kamar untuk harian. Kamar kos dilengkapi berbagai fasilitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan harganya pun jauh lebih terjangkau.

Buat daftar tempat yang akan dituju

Sebelum Anda berpergian, lebih baik buat daftar tempat-tempat mana saja yang akan dikunjungi agar liburan Anda berlangsung efektif. Jika Anda ingin mengetahui tentang tempat-tempat mana saja yang akan dituju, riset saja melalui internet atau bertanya dengan orang yang sudah mengenal Bandung.

Transportasi

Apabila anda mudik tidak mengunakan mobil atau motor anda bisa menggunakan angkutan kota (angkot) yang tersebar di seluruh penjuru kota Bandung. Tetapi, Anda harus mempunyai ingatan yang kuat untuk menghafal jurusan angkot. Jangan sampai salah menaiki angkot, sebab angkot di kota Bandung banyak yang sama warnanya.

Selain angkot, ada pula taksi, bus damri, ojek. Bisa juga dengan menyewa mobil yang tersedia di sepanjang Jl. Surapati atau Tubagus Ismail dengan kisaran harga 300-350 ribu rupiah per harinya.

Tempat makan murah

Kota Bandung memang surganya berbagai macam kuliner dan beragam jajanan yang ciamik untuk disantap. Hanya saja, Anda jangan sampai terjebak dan salah dalam memilih tempat makan.

Di kota kembang ini, juga banyak tersedia tempat makan murah namun kualitas bintang lima. Anda dapat menemukannya di sepanjang Jalan Cihampelas atau di Jalan Cilaki yang lokasinya tidak berjauhan dari Gedung Sate.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini