nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TMII Suguhkan Kesenian Rakyat Sepanjang Libur Lebaran

Pasha Ernowo, Jurnalis · Rabu 31 Agustus 2011 10:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2011 08 26 407 496690 uH2vOSlOgt.jpg Taman Mini Indonesia Indah (foto: Runi B Sari/Okezone)

MENYAMBUT liburan Hari Raya Idul Fitri 1432 H, Taman Mini “Indonesia Indah” (TMII) menampilkan berbagai hiburan dan atraksi unik bertemakan “Lebaran di TMII Serasa Pulang Kampung” untuk masyarakat yang ingin memanfaatkan momen lebaran bersama keluarga.

Pemilihan tema tersebut disesuaikan dengan banyaknya ragam acara yang disediakan. Pengunjung dapat menikmati dan memilih jenis hiburan yang sesuai dengan minatnya, hampir di setiap sudut TMII tersedia hiburan dan atraksi wisata. Dalam libur lebaran ini ditargetkan tidak kurang dari 360 ribu pengunjung. Hal ini disampaikan Ade F. Meyliala selaku Direktur Operasional TMII di Gedung Pengelolaan TMII, Jakarta Timur, Senin (22/8/2011).

“Sejumlah atraksi kesenian rakyat akan pentas di TMII seperti, Debus, Barong Caplok, Reog Ponorogo, Kuda Lumping, dan masih banyak lainnya. Tidak hanya itu ada pagelaran Barong dan leak,” ujar Ade F. Meyliala.

”Selain itu, masih ada sejumlah acara seperti, parade tari nusantara, musik sabrah betawi dan gambus, opera legenda keong mas, opera malam takbir, opera alisar dan jumuru, sendratari asmara tantra ratna manggali, gelar kesenian duta seni daerah, parade gendering belek NTB dan Gendang Tabuik Sumtra Barat, Kontes Lagu melayu, bazaar makanan khas daerah, pameran aneka kerajinan rakyat, nada dan dakwah bersama sonata fans club, dan new trio macan,” tuturnya

Ade menambahkan, TMII juga akan membagikan peta jalur wisata kepada para pengunjung. Begitu banyaknya acara sehingga dengan adanya peta jalur wisata masyarakat dapat mengetahui lokasi acara dan memilih acara yang ingin mereka kunjungi. Nanti akan dibagikan di pintu masuk.

Pembagian peta tersebut untuk memudahkan pengunjung melakukan wisata di TMII pada minggu Gempar Semarak Lebaran diadakan. "Nanti akan dibuat peta jalur wisata, di mana kantung-kantung pelayanan informasi, parkir, dan pusat wisata. Jadi, pengunjung tidak akan bingung," paparnya.

Setiap anjungan-anjungan daerah akan ada acara kesenian ataupun kebudayaannya masing-masing. Dan ini belum ditambah dengan atraksi wisata yang memang ada setiap kalinya, seperti yang ada di wahana unggulan Snowbay Waterpark.

"Begitu banyaknya acara sehingga dengan adanya peta jalur wisata masyarakat dapat mengetahui lokasi acara dan memilih acara yang ingin mereka kunjungi. Nanti akan dibagikan di pintu masuk," tutupnya.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini