Aktivitas Gunung Papandayan Pengaruhi Kunjungan Wisata

Ujang Marmuksinudin, Jurnalis · Rabu 31 Agustus 2011 20:56 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 31 407 498043 v6mO9Wzjb2.jpg Gunung Papandayan (Foto: wisataalamjawabarat.com)

CIAMIS- Aktivitas Gunung Papandayan Garut yang sempat dinyatakan siaga, dirasakan berdampak terhadap kunjungan wisatawan ke Pantai Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jabar.

Kepala UPTD Kebudayaan dan Pariwisata Wilayah Pangandaran Endang Sukirna menyebutkan, peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Pangandaran saat libur lebaran belum signifikan. Sekalipun, secara keseluruhan mulai mengalami peningkatan.

"Berdasarkan data yang kami peroleh, angka kenaikan kunjungan wisatawan hanya berkisar sekitar lima persen," kata Endang, Rabu (31/8/2011)

Endang menambahkan, angka peningkatan sebesar itu relatif masih sepi dibanding prediksi sebelumnya. Menurut dia banyak faktor yang mengakibatkan kunjungan wisatawan ke Pangandaran belum sesuai prediksi.

"Isu peningkatan aktivitas Gunung Papandayan menjadi salah-satu pengaruh rendahnya kunjungan wisatawan ke Pangandaran," ujar Endang.

Endang berharap, kunjungan wisatawan ke Pangandaran bisa meningkat tajam pada H+3 mendatang. "Mudah-mudahan mulai Sabtu 3 September, kami prediksi menjadi puncak libur lebaran bagi wisatawan yang datang ke Pangandaran," tandas Endang.

Menurut dia, untuk menyambut kedatangan wisatawan saat puncak libur lebaran mendatang, pihaknya sudah menyiapkan petugas khusus. "Sedikitnya ada 28 petugas yang akan berjaga khusus di pintu Pangandaran," ucap Endang.

Personel tambahan itu, kata Endang, diharapkan bisa mengantisipasi kemacetan saat pengunjung antri membeli tiket masuk. "Petugas tambahan ini, akan melakukan jemput bola, sehingga di tolgate kendaraan tidak akan bertumpuk," tandas dia.

Sementar target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor wisata tahun ini, beber Endang, Ciamis sedikitnya harus mencapai Rp2 miliar. "Untuk libur lebaran kali ini, sedikitnya PAD yang harus terkumpul Rp500 juta," pungkas Endang.

Sementara itu, suasana di tepi Pantai Barat Pangandaran pengunjung terlihat terlihat memadati bibir pantai, sekalipun dinilai belum mengalami peningkatan signifikan. Peristiwa, terseretnya tiga  wisatawan yang mengakibatkan salah seorang diantaranya meninggal dunia tidak membuat mereka ragu untuk berenang di laut lepas.

"Kunjungan wisatawan untuk yangg datang ke tepi pantai, sebetulnya sudah padat. Bahkan, jika dibanding weekand libur lebaran saat ini pangandaran lebih ramai," kata Koordinator Regu Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Pangandaran Asep.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini