nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kumpulkan 5 Kg Sampah Ancol Dibayar Rp50,000

Pasha Ernowo, Jurnalis · Minggu 04 September 2011 09:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 09 04 407 498472 RsuQIp5QO3.jpg Fauzi Bowo ikut membersihkan sampah di Ancol (foto: Pasha Ernowo/Okezone)

BANYAK cara dilakukan untuk membersihkan tumpukan sampah akibat meningkatnya jumlah pengunjung. Salah satunya yang dilakukan Taman Impian Jaya Ancol ini, mereka mengadakan sayembara dalam tajuk “Bersih-Bersih Pantai Ancol bersama Fauzi Bowo”

Untuk pengunjung dan masyarakat yang ikut ambil bagian akan mendapatkan hadiah-hadiah menarik. Hal tersebut diungkapkan Presiden Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol,  Budi Karya Sumadi. Untuk setiap 5 kilogram sampah akan diberikan uang Rp50,000. Mereka juga menyediakan hadiah khusus bagi yang berhasil mengumpulkan sampah terbanyak.

"Masyarakat yang terlibat dan para pengunjung yang berekreasi akan diberikan kantung sampah dan bila sampah mereka sampai dengan 5 (lima) kg akan diberikan uang tunai sebesar Rp50.000,- dan ada 5 (lima) hadiah khusus bagi pengujung yang berhasil mengumpulkan sampah terberat yaitu berhadiah sepeda," ujarnya, Sabtu (3/9/2011).

Budi menambahkan, keterlibatan warga sekitar Ancol dan para pengunjung yang berekreasi merupakan suatu upaya memberdayakan masyarakat agar kesadaran mereka terhadap pentingnya menjaga lingkungan semakin tinggi.

 

"Di samping itu, Ancol juga telah memiliki komunitas ‘Ancol Sayang Lingkungan’ yaitu suatu komunitas yang terbentuk dari masyarakat sekitar Ancol yang memiliki kepedulian terhadap pentingnya menjaga kebersihan dan kenyaman lingkungan dan Komunitas lain adalah  ‘Teens Go Green’, yakni komunitas yang beranggotakan para remaja yang peduli terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan yang merupakan kader-kader binaan yang akan menjadi agen-agen perubahan di masa depan," paparnya.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan, Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan dimanapun mereka berada dan dalam kegiatan apa pun.

"Ancol merupakan tempat wisata DKI Jakarta dan merupakan asset bangsa Indonesia yang harus kita jaga bersama, kebersihan dan keindahan pantainya agar tetap dapat memberikan kenyaman pada masyarakat  luas  dalam melakukan aktifitas olah raga dan  rekreasi masyarakat luas," terangnya.

Fauzi Bowo mengharapkan, agar masyarakat DKI Jakarta dapat bersama-sama menjaga lingkungan dengan baik. "Dengan tetap menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, maka Jakarta akan menjadi lebih Indah," tutupnya.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini