90 Ribu Warga Bandung Serbu Kebon Binatang

Iman Herdiana, Jurnalis · Minggu 04 September 2011 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2011 09 04 407 498530 khgtYjqiH6.jpg Kebon Binatang Bandung (foto: Iman Herdiana/Okezone)

BANDUNG- Kebon Binatang (Bonbin) masih menjadi sarana rekreasi murah meriah bagi warga yang mengisi libur lebaran. Sejak hari lebaran Rabu 1 September lalu hingga H+3 Sabtu 3 September kemarin, kunjungan ke Bonbin Jalan Taman Sari, Bandung, Jawa Barat, mencapai 90 ribu orang.

"H+4 sekarang kita prediksi 30 ribu pengunjung," kata Ketua Pengurus Yayasan Marga Satwa Taman Sari, Dadang Danumiharja kepada okezone di ruang kerjanya, Minggu (4/9/2011).

Tiap lebaran, pihak bonbin selalu menggelar program liburan selama 10 hari terhitung sejak hari H hingga H+10. Jumlah 90 ribu pengunjung tahun ini, menurut Dadang, sudah mendekati jumlah pengunjung tahun lalu.

"Tahun kemarin selama 10 hari jumlah kunjungan sebanyak 160 ribu. Jadi kami prediksi selama lima hari ke depan kunjungan akan melampaui target tahun kemarin. Karena baru H+3 kemarin saja sudah melampaui 50 persen dari tahun lalu," paparnya.

Untuk menambah daya tarik bonbin, sejak Agustus dan September 2011 pihaknya menyiapkan fasilitas dan koleksi satwa baru. Satwa barunya ada 51 ekor yang terdiri dari sepasang harimau Sumatera, sepasang singa Afrika, sepasang rusa bawen, rusa tutul, rusa timorensis, dan burung bulan. "Kita dapatkan satwa baru hasil kelahiran dan sisanya dari sumbangan masyarakat," jelasnya.

Selain itu pihaknya juga menyediakan fasilitas hiburan seperti dangdut dan pop sunda yang disajikan artis lokal Bandung. Permainannya terdiri dari bola air, istana karet, kereta dan mobil mini, plying foxx.

Bagi pecinta binatang, bonbin juga menyediakan satwa-satwa jinak seperti orang utan, anak kuda poni, berbagai jenis ular, burung merak, dan iguana. "Semua satwa jinak itu bisa diajak bermain," ujarnya.

Situasi selama liburan, lanjutnya, cukup lancar. Hanya saja kepada pengunjung diimbau teliti terhadap barang bawaan, perhiasan, dan anak-anak. Pasalnya, pernah ada kasus anak hilang atau tersesat, hingga kasus barang hilang.

"Selama program liburan kita buka, sudah ada tiga orang yang melaporkan kehilangan handphone. Entah jatuh atau kecopetan. Makanya kami imbau supaya pengunjung selalu hati-hati," ungkapnya.

Harga tiket sendiri hanya naik Rp5.000, yakni dari Rp15 ribu hari biasa menjadi Rp20.500 pada hari liburan. Rp500-nya untuk disumbangkan ke PMI. "Masyarakat juga tidak keberatan dengan kenaikan tiket, karena ngerti untuk fasilitas bonbin," pungkasnya.

Pantauan Okezone, hari terakhir liburan lebaran memang membuat Bonbin Bandung kebanjiran pengunjung. Lonjakan pengunjung juga membuat kemacetan di sekitar Bonbin terutama Jalan Taman Sari dan Jalan Ganeca ITB.

Kemacetan disebabkan banyaknya ruas jalan yang dijadikan tempat parkir mobil dan motor dadakan. Bahkan banyak pengunjung yang kesulitan mencari area parkir.

Selain itu, tarif parkir yang dikenakan di sekitar Jalan Taman Sari juga melambung tinggi. Untuk parkir motor saja tarif parkirnya Rp5.000. "Parkir lebaran, kang, kejar setoran," jelas seorang petugas parkir di sekitar Bonbin.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini