Ini Dia Penyebab Anda Tak Cepat Kaya (2-Habis)

Dwi Indah Nurcahyani, Jurnalis · Senin 26 September 2011 18:19 WIB
https: img.okezone.com content 2011 09 26 196 507284 a19d1Cjaus.jpg Wanita demen pakai kartu kredit (Foto: Corbis)

USAI mengetahui lima kesalahan yang membuat keuangan Anda bobol, saatnya untuk mengurai kesalahan lainnya sehingga kondisi finansial pun segera membaik. Ini dia bocorannya.

 

Idiva memberikan panduan untuk Anda, di antaranya:

 

Tidak pernah meninjau ulang investasi Anda

 

Anda memang sudah memutuskan untuk melarikan dana ke investasi tertentu. Namun, adakalanya nilai investasi tersebut tidak seperti yang diinginkan. Oleh karena itu, sangat penting melakukan review secara berkala dari semua investasi Anda. Berikan waktu yang cukup untuk meninjau investasi Anda agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

 

Anda selalu berpikir seperti orang miskin

 

Jika Anda tak bisa berpikir lebih untuk menghasilkan pemasukan di luar gaji Anda dan tabungan yang dimiliki pun tidak terlalu mendatangkan keuntungan, maka bagaimana Anda bisa berharap jadi orang kaya? Mimpilah setinggi mungkin dan bayangkan diri Anda jadi orang kaya. Tinggal di sebuah perusahaan milik sendiri dan Anda memiliki banyak uang. Tentu sangat mengenakkan bukan? Nah, tanamkanlah mimpi tersebut sehingga Anda dapat berperilaku bijaksana untuk mencapai mimpi tersebut.

 

Jangan memaksakan membeli sesuatu di luar kemampuan Anda

 

Bersikaplah realistis dengan keuangan Anda.  Berpikir melambung tinggi memang boleh-boleh saja, namun mencoba hidup dengan memaksakan diri sangatlah tidak baik. Jadi jika tak sanggup membeli apartemen, maka sebaiknya jangan memaksakan diri. Jangan pula menghabiskan uang yang Anda peroleh secara berlebihan. Agar bijak, simpanlah minimal 30 persen dari apa yang Anda peroleh agar lebih cepat kaya.

 

Tidak memiliki kalkulasi anggaran yang jelas

 

Menganggarkan pengeluaran Anda sesuai dengan pos-pos kebutuhan sangatlah penting. Anda dapat mengkalkulasi setiap bulan pengeluaran apa saja yang perlu ditanggung mulai dari biaya listrik, makan, sewa rumah, tabungan, dan sebagainya. Jika Anda menemukan ada pos yang tidak sesuai dengan keinginan, maka mulailah mengatur kembali keuangan Anda sehingga semua pengeluaran dapat sesuai berjalan rencana.

 

Anda tidak memiliki dana tak terduga

 

Perbaikan rumah, penyakit tak terduga, dan sebagainya adalah hal di luar dugaan. Karenanya, sangat penting memiliki dana tak terduga yang bisa dianggarkan setiap bulan.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini