Ubai-Reni Nikah, Janur Kuning Hiasi Malioboro

Prabowo, Jurnalis · Senin 17 Oktober 2011 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2011 10 17 29 516416 RdtwXM0OSY.jpg (Foto: Prabowo/okezone)

PERNIKAHAN identik dengan janur kuning. Di mana ada pernikahan, janur kuning bakal terpasang di sekitar lokasi pernikahan. Begitu juga dengan pernikahan putri bungsu Sri Sultan HB X, GKR Bendoro (Reni) dan KPH Yudanegara (Ubai).

Pernikahan agung (royal wedding) yang dihelat mulai kemarin hingga lusa ini dihiasi janur kuning di sepanjang jalan dari Keraton Yogyakarta hingga Kepatihan. Berdasarkan pantauan okezone pada Senin, 17 Oktober 2011, 14 janur kuning tampak menghiasi Jalan Malioboro, tepatnya di depan pintu masuk Kepatihan. Sedikitnya, ada 6 janur kuning terpampang di lokasi tersebut. Selain janur kuning, puluhan bendera Keraton Yogyakarta berwarna kuning juga terpasang di jalanan tersebut.

Janur kuning plus bendera keraton juga terlihat di depan Gedung Agung, Jalan Ahmad Yani yang berada di sebelah selatan Jalan Malioboro. Ada dua janur kuning yang berada di lokasi Gedung Kepresidenan yang bakal dipakai istirahat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono malam nanti.

Arah selatan, tepatnya perempatan titik Nol Kilometer juga terdapat 4 janur kuning yang menghiasai keberadaan jantung Kota Yogyakarta itu. Di sebelah timur, tepatnya di depan pintu masuk Monumen Serangan Oemoem (SO) juga ada dua janur kuning.

Dari perempatan Titik Nol Kilometer ke arah selatan, tepat berada di Gapura Pembatas Jalan Tri Kora, terdapat dua janur kuning yang menghiasi pingir jalan. Dekat pintu masuk Alun-Alun Utara Yogyakarta pun tak luput dari hiasan janur kuning.

Belakangan diketahui, yang memasang janur kuning bukanlah panitia royal wedding atau pihak Keraton Yogyakarta, melainkan elemen masyarakat Pro-Penetapan yang tergabung dalam Sekretariat Bersama (Sekber) Rancangan Undang-Undang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Widihasto Wasana Putra selaku ketua elemen menyampaikan, janur kuning yang terpasang tersebut merupakan kreasi warga masyarakat yang turut berbahagia atas hajatan Sri Sultan HB X. Pemasangan janur kuning plus bendera keraton dilakukan tadi malam.

“Kita memasang itu karena turut berbahagia dengan pernikahan ageng tersebut,” katanya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini