Hadiri KTT ASEAN, Barack Obama Akan Diberi Batik Biru

Fitri Yulianti, Jurnalis · Rabu 02 November 2011 08:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 11 02 29 523655 j83y64nUe1.jpg Presiden Amerika Serikat Barack Obama (Foto: Google)

KEDATANGAN tokoh tersohor dunia selalu menjadi sorotan, termasuk penampilannya. Pun bagi Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang direncanakan memakai batik saat KTT ASEAN di Bali.

 

Barrack Obama dan 17 kepala negara lainnya akan menghadiri KTT ASEAN ke-19 dan KTT Asia Timur di Bali pada 17-19 November 2011. Karena forum kenegaraan ini diselenggarakan di Indonesia, batik pun menjadi busana yang diharapkan menghiasinya. 

 

Batik motif tenun Bali dan NTB dipastikan menjadi unsur yang menyemarakkan penampilan para kepala negara. Ini seperti ditegaskan pihak Alleira Batik sebagai brand yang ditunjuk Istana Negara.

 

Barack Obama rencananya mendapatkan batik warna biru, warna kesukaannya. "Kita tahu Obama suka warna kebiruan. Karena itu, orang kulit hitam saya sarankan pakai warna-warna biru untuk menghidupkan auranya atau warna yang natural, misalnya cokelat muda, bukan warna yang terlalu tua," kata Zakaria Hamzah selaku Operational Director Alleira ketika dihubungi okezone, Selasa (1/11/2011).

 

Sementara soal warna batik kepala negara lainnya, Alleira menyerahkannya kepada pihak Istana Negara. "Soal warna, nanti ada pihak rumah tangga Istana Negara yang memilihkan. Alleira hanya menyerahkan batik yang diminta," ujarnya.

 

Untuk ukuran baju, Alleira mendapatkan bocorannya dari banyak sumber. "Masing-masing negara punya kedutaan di Indonesia, kita cari tahu dari mereka. Kita juga ‘searching’ di Google, lihat perawakan, tinggi badan, postur tubuhnya seperti apa, sudah bisa diukur karena kami sudah terbiasa," imbuhnya.

 

Sejak pertengahan Oktober 2011, kata Zaka, Alleira diminta membuat kreasi batik bermotif tenun Bali dan NTB untuk forum kenegaraan yang dilaksanakan 17-19 November 2011. Motif gringsing, parang, paisley, patchwork, dan logo Alleira akan menghiasi busana yang dirancang. Warna yang digunakan terang dan menjadi ciri khas Alleira, seperti biru, oranye, dan hijau.

 

“Unsur tradisional selalu kita gunakan, meskipun hanya sedikit. Masing-masing motif punya filosofinya. Terlepas dipakai atau tidak, pihak Istana memberikan arahan demikian. Permintaan lebih detail biasanya diberikan paling lambat seminggu sebelum acara,” tambahnya.

 

Bukan kali pertama bagi Alleira untuk membuatkan busana batik bagi kepala negara. Alleira bahkan merancang motif khusus setiap bulan sebagai antisipasi pihak Istana Negara meminta khusus dalam keterbatasan waktu.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini