Samuel Mulia: Jangan Salah Gunakan Istilah Mode

Lastri Marselina, Jurnalis · Jum'at 18 November 2011 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2011 11 18 29 531347 LfDP3K7xvE.jpg Koleksi Liliana Lim (Foto: JFW)

PENGGUNAAN istilah mode yang tepat dalam penulisan sebuah pergelaran busana masih jarang ditemukan Samuel Mulia. Beberapa di antaranya bahkan melakukan kesalahan fatal dengan mudahnya mencantumkan istilah ‘adibusana’.

Hal tersebut mendorong pentingnya pengetahuan dasar mengenai mode, terutama bagi mereka yang ingin menyelami mode atau berkecimpung di dalamnya.

“Sering kali saya menemukan, dengan gampangnya mereka yang terlibat di dunia mode salah satunya wartawan mode menggunakan istilah ‘adibusana’ pada busana bertaburan payet. Awas, jangan salah gunakan istilah mode, kenali lebih dulu baru memaparkannya,” tegas Samuel Mulia kepada okezone pada peluncuran buku ‘Kamus Mode Indonesia’ di LPM Site, Pacific Place Mal, Jakarta, Jumat (18/11/2011).

Dijelaskan Samuel, cara penulisan di bidang fesyen tidaklah sama dengan cara penulisan berita bisnis maupun ekonomi dimana terdapat angka yang pasti terhadap suatu fakta.

“Materi mode tidak bisa disamakan. Mereka yang asal menggunakan istilah mode, sama saja dengan menganggap fesyen sebuah makanan remeh yang gampang digigit-gigit lalu dibuang,” tutupnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini