Daging Masak Well Done Gandakan Risiko Kanker Prostat

Fitri Yulianti, Jurnalis · Minggu 27 November 2011 17:23 WIB
https: img.okezone.com content 2011 11 27 27 534844 jZlKeb39gG.jpg (Foto: gettyimages)

TAK perlu Anda memesan steak yang sangat matang (well done). Menurut para ahli, ini dapat menggandakan risiko kanker prostat.

Pilihan kematangan sempurna (well done) pada steak dan burger dapat meningkatkan kemungkinan kanker prostat, kata para ahli memeringatkan. Pengawasan kebiasaan makan pada hampir 1.000 pria memerlihatkan adanya hubungan antara daging merah dengan kanker prostat.

Burger dengan kematangan hampir sempurna (well) dan sempurna (well done) tergolong berbahaya lantaran menggandakan kemungkinan kanker prostat yang agresif, bahkan bila dikonsumsi dalam jumlah kecil.

Prostat sendiri merupakan kanker paling ditakuti di kalangan pria. Temuan tersebut menunjukkan bahwa perubahan sederhana pada pola makan dan rutinitas memasak mampu membantu kesehatan alat reproduksi pria.

Penelitian yang dilakukan The University of California merekrut 470 pria yang didiagnosis memiliki pertumbuhan kanker prostat cepat dan sulit diobati. Dalam jumlah yang sama, juga direkrut pria sehat. Peneliti bertanya kepada mereka tentang apa yang telah dimakan pada setahun sebelumnya.

Mereka juga ditanya tentang konsumsi daging panggang, daging bakar, burger, ati, dan beberapa daging olahan lain yang dikaitkan dengan kemungkinan lebih tinggi terkena kanker prostat agresif. Analisis lebih lanjut menunjuk pada suhu tinggi pemasakan (overcooking) sebagai akar masalah.

Pria yang makan burger panggang atau bakar dalam tingkat kematangan well dan very well done sekira dua kali kemungkinan kanker prostat agresif dibanding mereka yang tidak pernah makan daging atau yang memakannya dalam tingkat kematangan rare atau medium done. Hasil untuk daging sapi seperti steak ternyata juga serupa.

Departemen Kesehatan Inggris menegaskan, sebaiknya tidak makan daging merah dan olahannya lebih dari 70gram sehari. Selama sepekan, jumlah ini setara dengan tiga sosis, steak ukuran kecil, dan tiga iris daging domba.

"Ada bukti sangat kuat bahwa daging merah dan olahannya juga meningkatkan risiko kanker usus. Kami sarankan agar orang membatasi konsumsi daging merah hingga 500gram per pekan, dimasak sesuai berat daging, dan hindari mengonsumsi daging olahan," tutup Dr Rachel Thompson dari World Cancer Research Fund.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini