New Spirit Desainer Muda

SINDO, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2011 09:47 WIB
https: img.okezone.com content 2011 12 07 29 539037 ikzT181iE0.jpg Koleksi Angie Blaire di JFW 2012 (Foto: Runi/okezone)

PARA desainer muda asal daerah menembus panggung mode di Jakarta Fashion Week 2012 lalu dengan koleksi unik, glamor, dan elegan. Mereka juga menggelar koleksinya hingga panggung mode internasional.

Meski terbilang desainer pendatang baru, koleksi Blaire by Angie Blaire cukup menarik perhatian. Terinspirasi oleh hiruk-pikuk dinamika kota Jakarta, Angie Blaire menghadirkan seleksi gaun cocktail dan evening wear yang selama ini memang menjadi obsesi wanita urban ibu kota.

Segmen pertama yang diberi tajuk "Jakarta Nightlife Grooves" didominasi oleh siluet mini yang sensual dengan aksen motif dan ornamentasi—menggambarkan sosok wanita yang aktif bersosialisasi dalam balutan terusan yang memeluk tubuh. Segmen kedua yang bertajuk "Romance in the Sky" berputar haluan, menampilkan seleksi gaun-gaun panjang yang elegan, namun tetap mengusung sensualitas.

Salah satu kreasi yang mengundang decak kagum, tak lain adalah sepotong gaun hitam dengan gelepai bersusun yang disemat oleh aksen fringe. Gaun pengantin yang dikenakan oleh model Julia Jamil muncul di akhir show sebagai puncak kreasi. Gaun dengan rok dramatis itu dibubuhi oleh bebatuan panel lampu yang kemudian menyala saat lampu panggung dimatikan sehingga mendorong para penonton untuk memberikan tepuk tangan yang meriah.

Angie Blaire yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah, ini memulai kariernya sebagai karyawati swasta dan selanjutnya berkarier sebagai desainer.

’’Saya dulunya kerja di perusahaan swasta tapi menemukan passion sebagai desainer. Saya juga tadinya tidak belajar di sekolah mode, hanya hobi menggambar dan suka membeli baju-baju lucu,“ ungkapnya ketika ditemui sebelum pergelaran.

Selain Angie, desainer Oki Wong asal Medan ini membawa kreasi rancangan yang inspirasinya diambil dari keindahan pantai serta alam bawah laut Indonesia. Dalam koleksi bertema "La Mer", Oki Wong menggagas busana bernuansa musim panas.

Koleksi ini terlihat segar dalam sentuhan warna biru laut dan pasir. Inilah inspirasi gaun formal yang cerah yang biasa digunakan untuk cocktail party. Konsep padu padan menjadi dasar rancangan busana Oki yang lebih menyasar segmen busana siap pakai (ready to wear). Siluetnya berupa kemeja lengan panjang, celana baggy, rok mini Aline, celana berbentuk pipa lurus, tunik, gaun asimetris, bustier berpotongan cangkang kerang, dan rok lebar panjang.

“Saya terinspirasi dari keindahan pantai dan laut yang ada di Indonesia. Saya tuangkan dalam siluet gaun dan busana siap pakai yang menonjolkan kekayaan laut Indonesia,’’ ujar Oki yang pernah terlibat di Bangkok International Fashion fair 2010 & 2011.

Selanjutnya, Vicky Soetono, desainer asal Bandung yang pernah mewakili Indonesia di ajang internasional Concours De Jeune Creature De Mode, Paris ini mengangkat tema "Marching in The Line", yang terisnpirasi dari gaya seorang mayoret.

Koleksinya tersebut diwujudkan dalam siluet mini strapless dress dan rok lebar dengan detail draperi dan penambahan embroidery hampir di seluruh bagian.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini