"Tersesat" di Era Jadul

SINDO, Jurnalis · Selasa 13 Desember 2011 10:26 WIB
https: img.okezone.com content 2011 12 13 30 541557 ZrAwiOOuWj.jpg (Foto: gettyimages)

INGIN tinggal dikelilingi masa lalu yang merupakan harta karun terindah dalam perjalanan hidup Anda? Buatlah sebuah rumah retro. Cocok bagi Anda yang ingin menciptakan kehangatan dengan banyak display karya seni dan budaya.

Setiap 20–30 tahun, dunia arsitektur dan desain interior akan mengalami pengulangan, tapi dengan cara yang sedikit lebih baik, seperti juga tren pada bidang lain. Jika Anda ingin bernostalgia dengan masa lalu yang merupakan harta karun terindah dalam hidup, penggunaan desain retro dalam penataan rumah bisa jadi pilihan. Meski jadul (zaman dulu), Anda tetap bisa menampilkannya secara menarik dan tidak berkesan tua.

“Menggunakan potongan-potongan desain vintage adalah cara yang bagus untuk menyuntikkan getaran abadi retro ke dalam ruangan rumah Anda,” kata Lisa Canning, desainer yang berbasis di Toronto, seperti dikutip di laman Style at Home.

Berdasarkan definisinya, desain retro adalah gaya yang semua penataannya kembali ke dekorasi era 50-an atau 60- an. Kata retro merupakan kependekan dari retrospektif, yaitu kembali ke masa lalu.

Salah satu cirinya adalah pemakaian bentuk-bentuk geometris dan warna-warna ceria disertai pemakaian material sintetis. Terapan gaya retro di rumah minimalis misalnya, sah-sah saja dilakukan.

Permainan bentuk grafis desain retro memberi kesan ruang lebih ceria dan tidak flat. Sentuhannya memberi keindahan pada tiap elemen yang ada. Rumah Anda pun akan tampil lebih modern, simpel, dan penuh warna.

“Toko-toko barang bekas yang menjual lampu yang benar- benar unik, perlengkapan makan, dan aksesori langsung memancarkan keindahan dari jangka waktu desain pilihan Anda,” tutur Canning.

Entah itu di dunia mode, warna, ataupun dekorasi rumah, gaya retro adalah campuran model lama dan bentuk-bentuk baru atau jenis-jenis baru dengan bahan serta finishing yang lama.

Anda, para kolektor barang antik, biasanya secara alami tertarik dengan penataan kamar retro karena memungkinkan Anda untuk menampilkan barang-barang “buruan”, mulai lampu lava, kursi chrome, hingga gizmos untuk taman.

Kadang-kadang desainnya terasa lebih bersemangat dibandingkan yang terorganisasi. Kamar retro memiliki “rasa humor”dan sepertinya ingin menunjukkan bahwa setiap objek pasti memiliki cerita tersendiri.

Kamar dengan sentuhan retro, tanpa trim arsitektur dan detail, menampilkan kesegaran dengan penempatan bantal kursi dari vinil serta lampu mirip piring terbang. Banyak potongan era 50-an telah menjadi incaran untuk dikoleksi dan semakin sulit ditemukan. Namun,barang yang diproduksi secara massal masih bisa dicari di sejumlah pasar barang bekas serta toko interior dan furnitur.

Elemen yang kecil dan sering diabaikan di era sekarang seperti papan game board terlihat menakjubkan terpasang di dinding atau penempatan gantungan baju berbentuk ikan di kamar mandi. Dinding yang bernuansa netral dapat menjadi “kanvas” untuk penempatan berbagai aksesori pemanis ruangan. Ketika barang-barang yang ingin dipamerkan lebih banyak, permukaan putih atau krem dapat berguna untuk memperluas ruang.

Dalam penataan gaya retro di dapur, kabinet putih glossy dengan pinggiran konter yang juga mengkilap, dan peralatan dari stainless steel adalah sebuah “hidangan” yang klasik. Warna-warna tertentu dapat disapukan, misalnya hitam, merah, dan putih, yang mengingatkan kita pada keintiman serta kenyamanan pengunjung yang sedang menikmati makanan di pinggir jalan.

Jika selera makan Anda tergugah dengan menikmati warna yang tidak monoton, palet inspirasi dari Meksiko yang biasanya digunakan untuk desain kamar, bisa Anda pilih. Lihatlah lebih jeli koleksi Anda untuk mencari inspirasi. Bentuk-bentuk benda seni dan furnitur bisa bertambah cantik dengan penambahan warna yang tepat. Sebuah piring klasik campuran merah muda dan putih atau gelas bernuansa cranberry bisa membantu membangun palet warna yang sempurna.

Lantai dari vinil bermotif retro atau dengan linoleum dapat meningkatkan kenyamanan sebuah dapur, ruang keluarga, kamar mandi, atau kamar tidur anak. Bentuk persegi dengan nuansa hitam, merah, biru, hijau atau kuning ditambah putih, pasti membuat Anda terkesan. Karpet vintage dengan bentuk geometris yang ditempatkan di lantai kayu atau karpet akan menambah cantik ruangan.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini